KKN Mahasiswa Muhammadiyah Riau Direspon Baik Masyarakat



KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan perkuliahan yang merupakan bentuk pengabdian oleh mahasiswa terhadap masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral yang berlangsung selama satu sampai dua bulan di suatu daerah.

Sama halnya dengan kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau yang beranggotakan 21 orang dari fakultas Ekonomi dan Bisnis serta program studi berbeda.

KKN mahasiswa UMRI kelompok 21 ini berlangsung di RT 02, RW 09, Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru ini diketuai oleh Ferrel Salsabila Ababil. Kegiatan mahasiswa ini dibina langsung Dosen Pembimbing Lapangan Diah Angraina Fitri, S.Si., M.Si.


Kegiatan mahasiswa kelompok 21 di Kelurahan Bambu Kuning ini melakukan penanaman tanaman obat keluarga, seperti lengkuas, kumis kucing, daun mint, kunyit, mahkota dewa, lidah buaya, jahe, dan temulawak. Kegiatan ini dilakukan disalah satu lahan warga yang berada disamping rumah Ketua RT 02, Senin (13/9/2021).

"Penanaman tanaman obat keluarga ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mencari obat-obatan herbal dilingkungan sendiri, dan alhamdulillah kita dapat izin dari warga agar menggunakan lahannya untuk ditanami tanaman obat ini," ucap Alvin Oscariza, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer.

Penanaman tanaman obat keluarga (toga) ini berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan pantauan langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan sejumlah warga. 

"Kita berterimakasih kepada mahasiswa yang sudah melaksanakan KKN-nya di daerah kami. Hal ini tentu saja membantu masyarakat, supaya nanti tidak susah mencari tanaman herbal, agar dapat melakukan pencegahan virus Covid-19," ucap Nasih salah satu warga.

Baca Juga