Pertahankan Disertasi tentang Covernote, Notaris Ali Arben Sandang Gelar Doktor dari FH Unand

  • Sabtu, 20 Maret 2021 - 18:12 WIB


KLIKMX.COM, PADANG -- Setelah melewati sidang terbuka ujian program doktor di ruang sidang Dekanat Fakultas Hukum Unand Limau Manis, Padang, Sabtu (20/3/2021), Notaris Ali Arben SH, MKn berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum. Ia berhasil mempertahankan disertasi dan lulus dengan predikat cum laude.

Ali Arben berhasil menyelesaikan studi program Doktor Ilmu Hukum dalam waktu tiga tahun dan mempertahankan disertasinya dengan judul "Penggunaan Covernote Notaris dalam Pemberian Kredit dengan Jaminan Hak Tanggungan di Bank" di Ruang Sidang Dekanat Falultas Hukum Universitas Andalas Jalan Limau Manis.


Ujian Sidang Terbuka Promosi dipimpin Prof Dr Zainul Daulay dengan lima penguji yakni Dekan Fakultas Hukum Unand, Prof Dr Busyra Azheri SH MH, Prof Firman Hasan SH LLM,  Dr Yuslim SH MH, Dr Ferdi SH MH, Dr Beatrix Benni SH MPd MKn, dan satu penguji  eksternal Prof Dr Sunarmi SH MHum. Sedangkan promotor dalam promosi program doktor Ali Arben ini adalah Prof Dr Yulia Mirwati SH CN MH.


Notaris kelahiran 1 Agustus 1972 ini sehari-sehari berpraktik untuk wilayah kerja Kabupaten Kampar. Ia menyelesaikan studi S1 di Fakultas Hukum Unand pada 1996 silam. Kemudian melanjutkan ke Univesitas Sumatera Utara untuk program pendidikan notariat. Setelah itu Ali Arben meneruskan studi di Universitas Islam Riau mengambil program magister hukum. Pada 2012 Ali Arben mengambil program magister kenotariatan di USU Medan.


Suami dari Devi Rusli SPsi MSi, dosen  di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang ini dalam disertasinya membahas mengenai penggunaan penerbitan covernote dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan di bank, konsekuensi penerbitan covernote dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan dan bagaimana konsepsi pengaturan ke depan terkait penerbitan covernote dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan agar mampu menciptakan kemanfaatan dan kepastian hukum.

Covernote hadir dalam praktik pencairan kredit sudah menjadi suatu kebiasaan yang hidup dalam dunia praktik Notaris/PPAT yang menjalin hubungan kerja sama dengan bank sebagai kreditur. Covernote muncul atau diterbitkan atas dasar kepercayaan bank terhadap Notaris sehingga bank melakukan pencairan kredit terlebih dahulu dengan mengindahkan asas publisitas.


Dengan keberhasilannya mempertahankan disertasi tersebut,  Notaris Ali Arben SH MH MKn  berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum. Prestasi ini sekaligus mencatatkan Ali Arben dalam deretan angkatan 91 FH Unand yang sukses meraih gelar Doktor.

Ucapan selamat berdatangan dari berbagai pihak, di antaranya melalui ratusan papan bunga ucapan selamat atas keberhasilan Notaris Ali Arben meraih gelar Doktor-nya. Terlihat nama-nama Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, Wali Kota Pariaman Dr Genius Umar, Hakim Yustisial Mahkamah Agung RI M Fadhly Ase SHI MSy, Kepala BPN Kampar Sutrilwan SH MH, Kabag Binopnal Dit Pamobvit Polda Riau, AKBP Efri Yarnuri SH MSi, Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL. ***
 



Baca Juga