Pemprov Riau dan KPPU Kerja Sama Pengawasan Usaha yang Sehat

  • Selasa, 30 Mei 2023 - 14:46 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menguatkan kerja sama pengawasan persaingan usaha dan pengawasan kemitraan dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia, Selasa (30/5/2023).

Kerja sama ini ditandai penandatanganan nota kesepakatan dan rencana kerja dengan KPPU, di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru. Penandatanganan dilakukan langsung Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Ketua KPPU RI Afif Hasbullah.


Gubernur Syamsuar menjelaskan, saat ini dunia usaha di Provinsi Riau semakin berkembang dan cukup banyak. Sehingga diperlukan adanya nota kesepakatan untuk menciptakan persaingan secara sehat.


"Perlu adanya regulasi yang melindungi pelaku usaha agar tidak terjadi praktek monopoli dan persaingan yang tidak sehat," sebut Syamsuar.

Maka, dengan kerja sama ini diharapkan adanya kegiatan usaha yang sehat agar tidak mengganggu kemudahan usaha di Provinsi Riau. 

"Harapan kami dengan adanya kerja sama ini dapat menjadi momentum untuk menciptakan  ekosistem persaingan usaha yang sehat di Provinsi Riau," harap mantan Bupati Siak dua periode ini.


Pemprov, lanjut Gubri, memiliki komitmen melalui KPPU memberikan bimbingan kepada Pemda, sekaligus membantu pengawasan terhadap usaha-usaha yang ada di Riau sehingga bisa berjalan secara sehat. 

Usai penandatanganan kerja sama, Ketua KPPU RI Afif Hasbullah menyampaikan terima kasih kepada gubernur yang telah memfasilitasi KPPU.

"Tentu kami sepakat untuk melakukan sinergi dalam rangka internalisasi nilai-nilai persaingan usaha untuk kebijakan yang berdampak pada ekonomi maupun dunia usaha di Provinsi Riau," ucap Afif. 

Apresiasi diberikan Afif, terhadap ekonomi Riau. Sehingga perlu adanya sebuah hubungan atau regulasi yang menjamin nilai-nilai persaingan usaha. 

"Setelah penandatanganan kerja sama ini dipastikan pelaku usaha yang ada di Riau mendapatkan keadilan yang lebih baik ke depan, menjamin persaingan usaha yang tentu akan semakin meningkatkan lompatan ekonomi di Provinsi Riau dan kemakmuran masyarakat secara lebih luas akan dirasakan," ungkap Afif. 

Dia berharap, agar nota kesepakatan tersebut dapat memberikan manfaat untuk semua pihak terutama masyarakat Riau. ***

 

 



Baca Juga