Ciptakan Kekhusukan Ibadah Selama Ramadan, Kapolda Iqbal: Polisi Hadir di Setiap Masjid

  • Kamis, 23 Maret 2023 - 11:01 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Untuk menciptakan kekhusukan beribadah bagi masyarakat, selama Ramadan ini Polisi akan hadir di masjid di Provinsi Riau. Kehadiran petugas ini, dalam rangka menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan sandi 'Tertib Ramadan'.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal SIK MH mengatakan, operasi cipta kondisi ini dimulai tanggal 23 Maret sampai tanggal 19 April mendatang. Operasi ini mengantisipasi, seringkalinya terjadi kenakalan di Bulan Ramadan, seperti tawuran dan balap-balapan yang tidak sedikit menimbulkan korban jiwa.


"Untuk menciptakan kekhusukan masyarakat saat beribadah di bulan Ramadan, kami akan berkolaborasi dengan Korem dan Pemprov Riau," ungkap Kapolda Iqbal.


Iqbal berjanji pihaknya akan melakukan tugas dan melakukan pendekatan secara humanis. "Konsep operasi ini akan kita lakukan dengan mengedepankan edukasi dan humanis serta pendekatan kepada seluruh masyarakat. Terutama, aktivitas para remaja setelah solat subuh, ada yang balapan liar dan bahkan menyebabkan jatuhnya korban jiwa," ujar mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

Ketua Alumni Akpol 1991 ini mengaku, pencurian pemberatan juga seringkali terjadi di perumahan pada bulan puasa. Karena itu, anggotanya juga akan hadir melakukan kegiatan patroli untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas termasuk di sentral ekonomi dan pusat keramaian.

Hal tersebut dilakukan bahwa polisi benar-benar hadir di tengah masyarakat saat Bulan Ramadan. "Saya pastikan seluruh masjid di Riau akan dijaga petugas melalui personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa," ucap mantan Kadiv Humas Polri ini.


Dia yakin, dengan memberikan rasa akan beribadah bagi masyarakat, maka amalannya akan meningkat. ***

 

 

 

 



Baca Juga