Ada Sisa Anggaran Riau Rp100 M, Untuk Apa?

  • Senin, 21 Desember 2020 - 21:32 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU  -- 
Tahun anggaran 2020 Riau menyisakan Rp100 miliar sisa anggaran atau Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA).

Hal itu dibenarkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya. "Tahun ini ada SiLPA Rp100 miliar. SiLPA itu untuk menutup defisit anggaran. Ketika dia defisit, kita ada SiLPA, kita manfaatkan SiLPA itu untuk menutup defisit," kata Yan Prana Jaya, Senin (21/12/2020).


"Ketika misalnya kita bangun, ternyata APBD kita kurang, dari mana kita ambil, ya dari SiLPA itu untuk menutupi defisit anggaran," tambahnya. 


Sementara itu saat ini Pemprov Riau tengah menunggu hasil evaluasi Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) tahun 2021 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah dibahas beberapa waktu lalu. 


Yan Prana Jaya menyebutkan, bahwa evaluasinya sudah diselesaikan. Sehingga, pihaknya tinggal menunggu hasilnya dari Kemendagri. 

''Kemarin saya ke Jakarta untuk mengurus evaluasi APBD 2021,'' jelas Sekdaprov.


Hasil pembahasan pihaknya bersama Kemendagri, di Jakarta. Sekdaprov mengaku masih ada beberapa catatan yang harus ditindaklanjuti. 

''Karena itu nantinya catatan tersebut akan kembali dibahas bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau,'' ungkapnya. 

Dengan dekat nya tahun 2021 kedepan, pihaknya berharap mudah-mudahan cepat selesai. 

''Artinya ada beberapa catatan yang kita akan bahas lagi dengan Banggar DPRD terkait hasil evaluasi pembahasan di Kemendagri,'' sebut Sekdaprov. 

Seperti diketahui, sebelumya DPRD Riau bersama Pemrov Riau dalam rapat paripurna 30 November lalu telah mengesahkan APBD tahun 2021 sebesar Rp 9,132 triliun.

Dalam penyusunan APBD 2021 ini, Pemprov Riau berpedoman terhadap 5 skala prioritas. Diantaranya pengembangan industri, pengembangan pertanian, pengembangan pariwisata, pembangunan infrastruktur, dan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta pengembangan SDM yang beriman, berkualitas, dan berdaya saing.***



Baca Juga