Pamit ke Tempat Baru, Ibnu Chuldun Berurai Air Mata

  • Rabu, 17 Maret 2021 - 18:00 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Suasana haru dirasakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kemenkumham Riau, saat melepas perpindahan tugas Ibnu Chuldun menjadi Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Selain melepas Ibnu Chuldun, Kanwil Kemenkumham Riau juga menyambut dengan penuh semangat kehadiran Pujo Harinto, sebagai Kepala Kanwil Kemenkumham Riau yang baru. 


Ibnu Chuldun menjabat Kakanwil Kemenkunham Riau hanya lebih kurang sembilan bulan. Meski begitu,  namun momen yang sangat sesaat tersebut mampu meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi ASN Kanwil Kemenkumham Riau.


Acara pisah sambut Kepala Kanwil Kemenkumham Riau dan Kepala Divisi Keimigrasian digelar di Ruang Serbaguna Ismail Saleh yang dihadiri seluruh Kepala Divisi, Kepala UPT, dan pejabat struktural di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau serta turut disaksikan seluruh satuan kerja melalui media streaming, Rabu (17/3/2021).

Tiba di Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto dan Ibnu Chuldun disambut meriah alunan musik kompang yang diiringi peragaan pencak silat dan pemasangan Tanjak, penutup kepala khas Provinsi Riau. 

Selanjutnya gerakan gemulai warga binaan Lapas Perempuan Pekanbaru menyajikan tari persembahan menambah semarak acara penyambutan para pimpinan tinggi Kanwil Kemenkumham Riau ini. 


Acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kanwil Kemenkumham Riau dari Agnes Lily Ibnu Chuldun kepada Wilistyaningsih Pujo Harinto yang turut disaksikan Kakanwil Kemenkumham Riau.

Selanjutnya penayangan video perjalanan karir Ibnu Chuldun sebagai Kepala Kanwil Kemenkumham Riau menghadirkan riuh tepuk tangan undangan yang hadir karena berkat tangan dinginnya Kanwil Kemenkumham Riau berhasil meraih beberapa prestasi membanggakan.

Salah satu yang paling fenomenal adalah keberhasilan meraih predikat WBK pada Tahun 2020 lalu. 

Dalam sambutannya, Ibnu Chuldun menyampaikan rasa terima kasihnya atas segala dukungan dan kerjasama seluruh jajaran selama beliau mengabdikan diri di Provinsi Riau. 

''Saya sangat yakin dan percaya, siapapun Kepala Kanwilnya pasti sangat nyaman sekali bekerja di Kanwil Riau ini karena selalu disupport dengan ide, gagasan, inovasi, dan kreasi dari seluruh jajarann baik di kanwil maupun di UPT,'' sebut Ibnu.

Terpisah, Pujo Harinto yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut, menjadikan acara pisah sambut ini sebagai ajang perkenalan diri dan keluarga serta permohonan dukungan kepada seluruh jajaran karena saat ini beliau akan menjadi general manajer yang menaungi empat divisi. 

''Terima kasih kepada Bapak Ibnu Chuldun yang telah membangun tim yang sangat baik, solid, dan tangguh di Kanwil Riau ini. Mudah-mudahan kita semua dapat menghantarkan Kanwil Kemenkumham Riau yang semakin Bedelauuu…,'' ucap Pujo yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Selanjutnya, dilakukan prosesi pedang pora menjadi puncak acara pisah sambut Pimti Kanwil Kemenkumham Riau ini.

Untaian puisi dan lagu perpisahan yang dipersembahkan ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau melepas perpindahan tugas Ibnu Chuldun, sosok yang sangat tegas, disiplin, dan inspiratif ini.

Matanya mulai berkaca-kaca dan airmatanya pun mulai tumpah saat langkah demi langkah kakinya meninggalkan gedung Kanwil Kemenkumham Riau. 

Dilepas penuh rasa haru oleh seluruh ASN yang hadir, menandakan Ibnu Chuldun merupakan sosok yang sangat dicintai dan dihormati.***



Baca Juga