Aksi Demo Mahasiswa Riau: Indonesia Masih Baik-Baik Saja

  • Sabtu, 12 September 2020 - 17:39 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Aktivis Mahasiswa Indonesia (KAMI) Provinsi Riau, menggelar aksi damai di Bundaran Tugu Zapin, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (12/9/2020) sore. Dalam aksinya, massa menyatakan dukungan terhadap kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dalam pantauan klikmx.com, massa yang berjumlah 200 an orang itu datang ke Bundaran Tugu Zapin dengan berjalan kaki sambil membawa spanduk deklarasi.


Di Bundaran Tugu Zapin itu, sebelum membacakan deklarasi, massa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Tanah Air Beta.


"Hidup Indonesia, hidup mahasiswa!" teriak massa.

Dalam orasinya, massa yang dikoordinir oleh Husnul Jamil menyatakan, KAMI Provinsi Riau berkomitmen menjaga kesatuan dan persatuan negara Republik Indonesia (RI).

"Generasi muda dan mahasiswa tidak boleh diam pada sekelompok orang merongrong pemerintah dan masyarakat," terang Husnul.


Di tengah pandemi Covid-19, dilanjutkannya, KAMI melihat ada sejumlah kelompok yang mencoba memprovokasi masyarakat untuk melawan pemerintah. Kaum muda harus berbicara mendukung kebijakan pemerintah dan daerah.

"Kami, Koalisi Aktivis Mahasiswa Indonesia khusus wilayah Pekanbaru, mengajak komponen bangsa khususnya kaum milenial untuk saling bahu membahu menjaga persatuan dan kesatuan negara RI," jelas Husnul.

Dalam aksinya, massa menyampaikan deklarasi dukungan terhadap pemerintah RI. Ada lima poin yang disampaikan massa terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah.

Pertama, KAMI mendukung pemerintah pusat dan daerah untuk fokus kepada panganan Covid-19. Lalu yang kedua, KAMI mengutuk keras kepada kelompok-kelompok masyarakat yang mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya yang ketiga, KAMI mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi  yang berbasis kerakyatan. Kemudian yang keempat, KAMI menyatakan bahwa Indonesia saat ini masih baik-baik saja.

"Terakhir yang kelima, KAMI mendukung pemerintah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa," teriaknya lagi.

Usai menyampaikan pernyataan deklarasinya, massa membubarkan diri secara tertib. Selama aksi, pihak kepolisian melakukan pengawalan serta mengatur lalulintas kendaraan roda dua maupun roda empat.***



Baca Juga