Ka BNPB Cek Vaksinansi Anak dan ABK Berkebutuhan Khusus

  • Minggu, 08 Agustus 2021 - 21:29 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU—Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Riau. Meninjau beberapa hal terkait penanganan Covid-19 di Bumi Lancang Kuning.

Kegiatan yang dilakukan Ahad (8/8/2021) ini, didampingi Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, dan Danrem Brigjen TNI M Syech Ismed SE MM, Kejari Riau, Wakil Ketua DPRD Riau, Walikota Pekanbaru, Kadiskes Riau dan lainnya. Mereka meninjau pelaksanaan vaksinansi untuk anak usia 12-17 hingga yang berkebutuhan khusus di SMA 8, Pekanbaru.


Usai melihat kegiatan, Letjen TNI Ganip Warsito mengakui sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksinansi di Provinsi Riau.


Hal paling diapresiasinya adalah terhadap antusias masyarakat mengikuti vaksinisasi, yang selama ini terus digesa Pemerintah untuk meningkatkan kekebalan tubuh/herdimmunity masyarakat bertujuan mengantisipasi penularan Covid-19, yang menurut data nasional sangat tinggi.

“Mudah-mudahan musibah Covid-19 ini bisa berakhir di Riau dan di Indonesia. Karena di Provinsi Riau sangat bagus dan masyarakat antusias mengikuti vaksinisasi cukup luar biasa,” kata Letjen Ganip Warsito.

Sebagai pelaksana dari pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau, dia menyampaikan terimakasih karena membantu pelaksanaan vaksinansi hari ini.


“Terimakasih saya sampaikan apresiasi kepada IDI yang menggelar vaksinansi masal untuk melindungi anak dari penyebaran Covid-19,” kata Ganip.

Gubernur menambahkan, saat ini Pemprov bersama Forkopimda, kemudian Pemerintah kabupaten/kota terus menggesa vaksinansi untuk masyarakat. Terutama untuk anak usia 12-17 dan ABK.

“Mewakili masyarakat Riau, saya ucapkan terimakasih kepada IDI atas pelaksanaan vaksinansi bagi anak usia 12-17 hingga bagi anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru,” sebut Syamsuar.
Dia berharap, kedepannya mudah-mudahan kegiatan yang juga sebelumnya telah dilakukan Korem, Polda dan satgas maupun pihak terkait terus digencarkan.

Terkait kegiatan ini, Ketua IDI Pekanbaru, dr Marhan Efendi menyampaikan, pihaknya menyediakan 1000 dosis pada kegiatan vaksinisasi bagi anak 12-17 dan ABK di SMA 8 ini.
“Ini kegiatan vaksinisasi pertama dan kedua,” kata Marhan.

Marhan menyebutkan, sebelumnya pihaknya juga telah melaksanakan vaksinansi pertama diluar. Sementara itu, untuk anak berkebutuhan khusus ini yang pertama kalinya.

“Untuk mensukseskan kegiatan ini, sebanyak 50 nakes dilibatkan. Dengan tujuan agar tidak terjadi kerumunan,” jelas Marhan.

Sebelumnya, setelah menyambut kedatangan Letjen Ganip Warsito dan rombongan. Bersama Gubernur Riau, langsung melakukan rapat di Gedung Daerah, Sabtu (7/8/2021).

Gubernur mengatakan, mengucapkan terimakasih atas perhatian serius pemerintah pusat, dengan kedatangan Letjen Ganip Warsito untuk meninjau penanganan Covid-19 di Provinsi Riau.

“Alhamdulillah. Kita diberikan kesehatan dalam rangka mengadakan rapat penanganan Covid-19 bersama Kepala BNPB,” kata Gubernur.

“Mewakili masyarakat Riau, saya mengucapkan selamat datang  kepada kepala BNPB ke Riau,” kata Gubernur.

“Atas nama Provinsi Riau, kami ucapkan selamat datang dan terimakasih berkenan datang ke Riau. Dan memberikan arahan kepada kami terkait pengendalian penularan Covid-19,” ujar Gubernur.

Sebelumnya, kata Gubernur, pihaknya juga telah mendapat pengarahan dari Presiden Republik Indonesia, terkait penanganan yang dilakukan di Riau.

“Harapan kami dengan kedatangan pak Ganip, semoga kita dapat mengurangi dan menangani dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Riau,” harap Gubernur.

Rangkaian kegiatan lainnya, Letjen Ganip Warsito bersama rombongan juga meninjau dan menyapa warga yang terpapar Covid-19 di BPSDM, Kota Pekanbaru.

Disana, Ganip menguatkan warga yang melakukan isolasi dengan gejala ringan. Dengan menekankan, agar mereka yang menjalani perawatan untuk tetap menguatkan imun.

Dia juga berpesan, agar masyarakat selalu berdoa untuk terus diberikan kesehatan dan berfikir positif.

“Kita harus yakin dan berdoa, bahwa kita akan sembuh,” ajak Ganip.

Ganip juga menyampaikan terimakasih, bagi warga yang telah bersedia mengikuti isolasi ditempat tersebut.

“Tetap semangat dan semoga lekas sembuh. Jaga fikiran dan terus semangat,” ujar Ganip.

Dari penjelasan, dr Citra Iskandar dokter yang stanby disana mengatakan, saat ini ada 62 pasien ditangani ditempat tersebut.

“Sore ini ada masuk lima, sehingga totalnya menjadi 62 orang,” jelas Citra.

Selain dirinya, di tempat ini, lanjut Citra, ada dua dokter yang bertugas memantau kesehatan pasien.

Pihaknya ditempat ini, sebut Citra, untuk penanganan pasien didukung peralatan tabung oksigen, obat-obatan, makanan bergizi hingga mengajak pasien senam sehat bersama.

Selain itu, Pemerintah juga telah menyiapkan lima fasilitas tempat isolasi diantaranya di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Balai Pelatihan Kesehatan hingga Asrama Haji.
Dengan ketersediaan tempat tersebut, saat ini jumlah tempat isolasi di Provinsi Riau menjadi 1.092 tempat tidur.

Gubernur juga turut mendampingi Letjen Ganip Warsito meninjau Posko PPKM di Kelurahan Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai.

Disana, dia turut mengedukasi petugas posko agar terus mengedukasi masyarakat untuk taat Prokes.

“Terus edukasi masyarakat agar taat prokes,” sebut Ganip.
Disini, Ganip juga menyerahkan bantuan berupa 2000 buah dan 144 kotak sabun.***



Baca Juga