Gubri Serahkan Beasiswa dan Bantuan Duafa dari Baznas

  • Minggu, 07 Agustus 2022 - 19:24 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, turut ambil bagian sempena hari jadi ke-65 Provinsi Riau , dengan menggelar kegiatan bakti sosial dan pemberian zakat di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (6/8/2022).

Gubernur Riau, Syamsuar yang turut hadir mendukung kegiatan Baznas tersebut, dimana perayaan puncak HUT Riau akan digelar pada tanggal 9 Agustus.

Yamaha Fazio Mei 2022

“Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Baznas Provinsi Riau ini sangat membantu warga masyarakat di Provinsi Riau yang membutuhkan," ungkap Syamsuar.


Suami Misnarni ini menjelaskan, saat ini zakat di Indonesia sudah memiliki regulasi yang kuat yang diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

Selain itu, lanjut Syamsuar, pemberian zakat sesuai dengan syariat dan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Terlebih, sesuai program dari Presiden dan Wakil Presiden.

"Berzakat ini berdasarkan syariat islam, ada dalam Alquran dan Hadist. Karena itu mengembangkan zakat, wakaf, infaq dan sedekah ini sudah bagian juga merupakan program Bapak Presiden termasuk juga Wakil Presiden," kata Gubri. 


Melalui program mensejahterakan masyarakat, Syamsuar mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi dan kerjasama dalam melaksanakannya. 

"Program ini bertujuan agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," terang Syamsuar. 

Karena itu, Syamsuar menyatakan menyambut baik usaha yang dilakukan pihak Baznas, untuk mewujudkan harapan bersama dan tujuan pemerintah agar tercipta kesejahteraan masyarakat. 

"Saya menyambut baik usaha yang telah dilakukan ini, tapi mari kita kerjasama agar terutama tujuan pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat ini betul-betul dapar terwujud sebagaimana kita harapkan bersama," harapnya. 

Dalam kegiatan ini Baznas yang diserahkan yang diserahkan terdiri dari bantuan konsumtif dhuafa untuk 200 orang, bantuan beasiswa program satu keluarga satu sarjana (SKSS) untuk 147 mahasiswa.

Selanjutnya, ada bantuan biaya pendidikan luar negeri (Timur Tengah) untuk 267 mahasiswa, lalu bantuan rumah layak huni Tahun 2022 untuk 4 orang, program bidan desa Baznas Provinsi Riau kepada satu orang bidan desa di Kecamatan Batang Tanggal Kabupaten Indragiri Hulu.

Disusul bantuan kursi roda untuk disabilitas untuk tiga orang penerima manfaat dan program dakwah pulau zakat (Da'i Pesisir) kepada tujuh orang da'i di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.(***)



Baca Juga