Pakai Ketupat, Petugas Imigrasi Datangi Warga Sakit Ingin Urus Paspor

  • Jumat, 05 Agustus 2022 - 14:35 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Warga yang sedang berhalangan datang atau sedang sakit dan ingin mengurus paspor, saat ini tidak perlu datang ke kantor Imigrasi. Karena adanya layanan petugas datang ke rumah.

Layanan memudahkan warga ini, dalam rangka mewujudkan pelayanan prima bagi seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

Mio-m3

Kepala Kantor Imigasi Kelas II Selat Panjang, Maryana menjelaskan, layanan ini bernama Kedatangan Petugas ke Tempat (Ketupat).


Maryana mengatakan, layanan ini diinisiasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melalui jajaran Keimigrasian melakukan layanan pembuatan paspor bagi pemohon yang sedang sakit dan tidak dapat datang langsung ke Kantor Imigrasi (Kanim) terdekat. 

"Layanan ini ditujukan untuk pemohon yang sedang dalam keadaan sakit, lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak bayi yang tidak bisa datang ke Kantor Imigrasi," kata Maryana.

Maryana mencontohkan, petugasnya dari Kanim Selat Panjang telah menerapkan pelayanan ini pada Kamis (4/8/2022) kemarin terhadap Eddy (51) warga yang berhalangan datang karena sedang sakit.


"Karena pak Eddy berhalangan hadir petugas kami langsung mendatangi rumah warga tersebut di Jalan Rintis dan melakukan penginputan data, pengambilan biometrik, foto dan wawancara. Karena warga ini memerlukan paspor untuk berobat ke luar negeri yang menerima layanan tersebut," jelas Maryana.

Penerapan layanan ini lanjut Maryana, sesuai arahan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk rangka mempermudah, mempercepat, dan menjangkau seluruh elemen masyarakat. 

"Sebelum dilayani, kita tetap berpedoman pada bukti rujukan atau surat keterangan dokter sebagai bukti otentik terkait kondisi pemohon paspor,” ungkap Maryana.

Kemudian, setelah didatangi petugas, Eddy mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan para petugas. Karena tidak perlu repot datang ke kantor Imigrasi untuk proses pembuatan paspor.

Setelah paspor selesai petugas akan mengantarkan hasilnya ke tempat pemohon berada atau bisa diambil oleh pihak keluarga ke kantor Imigrasi.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan ini, Kanim Selatpanjang telah membuka nomor hotline yang dapat dihubungi di nomor 082213735912," pesan Maryana.

Inovasi yang diterapkan Kanim Selat Panjang ini turut diapresiasi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Muhammad Jahari Sitepu.

Dia berharap seluruh jajaran keimigrasian di Wilayah Riau untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang memanjakan masyarakat. 

Jahari mengatakan, selain inovasi Ketupat, masyarakat Kepulauan Meranti dapat menikmati layanan eazy paspor yang merupakan layanan jemput bola kepada pemohon paspor secara kolektif. Bagi masyarakat kepulauan Meranti yang jauh dari kota Selatpanjang. 

"Saya telah memerintahkan seluruh jajaran Imigrasi untuk selalu memberikan kemudahan bagi semua masyarakat tanpa pandang bulu dan jangan ada pungutan liar. Tidak ada biaya tambahan bagi layanan khusus ini. Apabila ada petugas yang memungut di luar ketentuan, silahkan laporkan melalui Call Center Kanwil Kemenkumham Riau di nomor 081261331866," tutupnya.(***)



Baca Juga