Pisah Sambut Kapolda Bernuansa Melayu

Gubri: Terimakasih Irjen Agung, Langit Riau Bebas Asap



KLIKMX.COM, PEKANBARU – Nuansa  adat Melayu yang kental mewarnai acara pisah sambut mantan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effend dengan penggantinya, Irjen Pol Mohammad Iqbal  di Balai Serindit Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin (3/1/2022), malam.

Acara ini berlangsung dalam suasana ceria dan meriah, namun tetap khidmat.


Sejumlah pertunjukan budaya  dihadirkan untuk menghibur undangan. Salah satunya Tari Inai Pinggan Dua Belas oleh Sanggar Titi Payung Dang Merdu.

Tari ini merupakan tarian khas tradisional asal Negeri Seribu Kubah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, khususnya dari daerah Panipahan yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2020. 

Suasana semakin haru, saat sejumlah pejabat Pemprov Riau dan tokoh masyarakat Riau, menyampaikan ucapan terima kasih melalui sebuah video testimoni kepada Irjen Pol Agung Setya atas dedikasinya selama menjadi Kapolda Riau dan ucapan selamat datang kepada Irjen Pol Mohammad Iqbal. 

Kemudian, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang akan memulai tugas barunya sebagai Asops Kapolri,
 berbicara di mimbar untuk berpamitan kepada seluruh lapisan masyarakat serta stakeholder.

Di hadapan para hadirin, Irjen Agung menjelaskan, dirinya bertugas di Provinsi Riau selama dua tahun 11 pekan.

“Malam ini saya berpamitan tepat  dua tahun 11 minggu menjabat sebagai Kapolda Riau,” ujar Irjen Agung.

Ucapan terimakasih disampaikan lulusan Akpol 1988 ini kepada masyarakat Riau dan Pemerintah Provinsi Riau serta Pemerintah Kota Pekanbaru dalam membantunya menjalankan tugas sehari-hari, semasa menjadi Kapolda.

Agung berharap ke depannya, silaturahmi yang telah terjalin terus terjaga dan berharap Provinsi Riau semakin baik ke depannya.

“Saya minta maaf jika ada kesalahan selama saya berasa di sini,” pungkas Irjen Agung.

Kemudian, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, di hadapan hadirin tamu undangan, meminta mohon doa restu dari seluruh Forkopimda, baik Provinsi, Kota dan semua elemen Masyarakat bumi lancang kuning.

Kapolda memahami bahwa, tanpa bantuan semua pihak dia tidak akan bisa bekerja maksimal.

“Saya mohon doa dan kerjasama untuk kedepannya bapak-bapak semua,” kata Irjen M Iqbal.

Sebagai penerus, ucapan terimakasih disampaikan kepada Irjen Agung yang akan menjadi Asisten Operasi Kapolri (Asopri) karena teladan dalam menjalankan tugas selama ini.

“Terimakasih Bapak Asops atas keteladanan dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab kepada Riau dan juga cinta yang diberikan kepada Riau ini,” singkat Kapolda.

Sementara itu, Gubernur Riau,   Syamsuar mengatakan, adalah hal yang lumrah seorang pejabat negara mengikuti proses penempatan tugas pada setiap institusi.

Sebagai organisasi yang besar,  Institusi Polri sangatlah dinamis. Sehingga proses mutasi atau perpindahan bisa terjadi kapan saja terlebih pada level manajerial.

Gubernur menyampaikan terimakasih atas dedikasi dan sinergitas Irjen Agung Setia Imam Efendi  selama menjabat sebagai Kapolda di Bumi Melayu Lancang Kuning. Apalagi, selama bertugas telah begitu banyak memberikan konstribusi bagi Provinsi Riau berupa loyalitas, dan dedikasi, baik dalam bentuk tenaga, pikiran maupun waktu.

Menurut Gubernur, kehadiran Irjen Agung meninggalkan banyak kesan, cerita dan sejarah hingga kenangan yang luar biasa.

“Bagi kami kehadiran Bapak di Riau meninggalkan kesan, cerita, sejarah dan kenangan yang luar biasa,” kata Gubernur.

Menyinggung peran Polda di tangan Irjen Agung, dalam bersinergi bersama, Gubernur mengaku, pihaknya dari Forkopimda Provinsi dan Kota merasa beruntung dalam bersinergi bersama-sama dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di daerah hingga melampaui target yang telah ditetapkan nasional 70 persen pada tahun 2021 ini.

Gubernur juga mengakui, selama dikepemimpinan Irjen Agung, membuat dalam waktu dua tahun ke belakang langit Riau bebas asap.

Dengan semua capaian yang dilakukan di Provinsi Riau, saat bertugas ditempat yang baru Irjen Agung didoakan dapat tetap berkarya dengan nama citra dan karya yang terkenang selamanya.

Gubernur melanjutkan, mengatasnamakan masyarakat dan Provinsi Riau, selamat bertugas kepada Kapolda Riau yang baru Irjen Muhammad Iqbal.

Rasa syukur disampaikan Gubernur, karena yang ditunjuk sebagai Kapolda bukanlah orang baru. Karena sebelumnya pernah beberapa kali bertugas di Provinsi Riau.

“Mengatasnamakan Pemerintah dan masyarakat Riau, selamat datang kepada bapak Irjen Muhammad Iqbal,” kata Gubernur.

Ada semangat serta harapan besar, lanjut Gubernur yang dirasakan atas kehadiran Kapolda baru. Untuk melindungi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Provinsi Riau serta mengemban tugas bersama membangun provinsi Riau yang lebih baik.

“Kami menaruh semangat dan harapan yang besar atas kehadiran bapak menjadi jajaran pemerintah Provinsi Riau untuk melindungi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Provinsi Riau serta mengemban tugas bersama kami membangun provinsi Riau yang lebih baik,” lanjutnya.

Karena itu, pihaknya dari Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat akan senantiasa mendukung upaya-upaya dari jajaran Kepolisian dalam mewujudkan suasana dan kondisi yang aman, tertib, nyaman, serta hal-hal yang dapat mengancam pertahanan negara dalam koridor sebagai bagian dari NKRI.

“Pemerintah Provinsi Riau akan membuka tangan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya mewujudkan keamanan, ketertiban, pertahanan, dalam upaya menjaga marwah, jati diri dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

Acara semakin meriah, turut hadir Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution beserta istri, Forkopimda Provinsi Riau, Danrem 031/Wira Bima, Anggota DPR RI, Ketua DPRD Provinsi Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai, Kabinda Riau, pimpinan OPD, kepala daerah kabupaten/kota, pimpinan perusahaan, serta jemputan majelis dan undangan.***

Jual-Rumah

Baca Juga