Resmikan Tol Pekanbaru-Padang, Ini Pesan Presiden Jokowi ke Gubernur, Walikota dan Bupati!

  • Jumat, 31 Mei 2024 - 17:01 WIB


KLIKMX.COM, KAMPAR - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Tol Bangkinang, XIII Koto Kampar, Jumat (31/5/2024).

Di sela-sela itu, Jokowi berpesan kepada Gubernur, Walikota dan Bupati, agar disambungkan ke berbagai daerah di Provinsi Riau, yakni jalan tol disambung ke kawasan produktif seperti ke wilayah pertanian, perkebunan dan pariwisata.


Peresmian ditandai penandatanganan prasasti oleh Jokowi. Kemudian, dilanjutkan menekan tombol bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan Pj Gubernur Riau SF Haryanto. Dibelakangnya ada beberapa pejabat tinggi pusat dan daerah.


Jokowi mengatakan, ruas jalan tol yang diresmikan sepanjang 24,7 Kilometer (Km) merupakan tahap 1.

“Jalan tol ini merupakan sektor penting yang nantinya akan menghubungkan wilayah Riau dan Sumbar,” jelas Jokowi.

Dengan mengucap, Alhamdulillah, dijelaskan mantan Gubernur DKI ini pembangunan jalan tol tahap 1 ini memakan biaya Rp4,8 triliun.


“Alhamdulillah, jalan tol Pekanbaru-Padang, sesi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 yang dibangun dari tahun 2019 hingga 2024 telah selesai dan sudah bisa digunakan,” jelas Jokowi.

Jokowi berharap sirip tol Trans Sumatera setiap tahunnya akan tersambung hingga sampai Pekanbaru serta hingga ke Kota Padang.

Menurut Jokowi, infrastruktur jalan tol yang dibangun sangat berguna meningkatkan konektivitas antara wilayah Riau dan Sumbar.

Dijelaskannya, bahwa bangunan jalan tol yang dibuat merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Pulau Sumatera.

“Saya titipkan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang hadir, agar jalan tol yang selesai direncanakan didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif, seperti ke wilayah pertanian, perkebunan dan pariwisata,” pesan Jokowi.

Harapan lainnya yang disampaikan Jokowi, keberadaan jalan tol diharapkan dapat memajukan negeri. Sekaligus menjadi momentum pemerintah terus melanjutkan program pembangunan infrastruktur lainnya.

Setelah jalan tol tersambung, manfaat ril dapat dirasakan masyarakat dan bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Manfaatnya, mobilitas orang dan barang betul-betul bisa lebih cepat lagi. Sehingga kita dapat bersaing dengan negara lain,” ungkap Jokowi.

Hari ini selain meresmikan jalan tol, Jokowi juga meresmikan perbaikan jalan daerah di Riau lewat Inpres jalan daerah sepanjang 63 Km dengan total anggaran Rp369 milliar. ***



Baca Juga