Tinjau PSU, Gubri Sosialisasikan Prokes



KLIKMX.COM, PEKANBARU--Gubernur Riau, Syamsuar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, mengunjungi jalannya proses Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (20/4/2021).

Peninjauan PSU dilakukan Gubri dan rombongan di TPS 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal.

Rombongan datang ke lokasi sekitar pukul 10.20 WIB, menggunakan dua helikopter yang mendarat di landasan helipad, milik salah satu perusahaan tak jauh dari lokasi PSU.

Freego Oktober

Tiba dilokasi, terlebih dahulu Gubernur dan rombongan diukur suhu tubuhnya, sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan. 

Selanjutnya, Gubernur dan rombongan mendapat penjelasan dari Ketua KPU Riau Ilham Yasir dan Ketua KPU Indragiri Hulu Yeni Mairida, tentang jumlah pemilih yang terdiri dari DPT dan DPTb.

Dari dua orang tersebut, Gubernur dan rombongan mendapat informasi awal dilaksanakannya pemungutan serta prosedur masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Setelah merasa jelas, Gubernur menyempatkan diri menyapa masyarakat yang kembali hadir mengantri dengan menerapkan Prokes.

"Apa kabar bapak dan ibu? Sehat? Puasa kan? Alhamdullilah semoga puasa kita bisa penuh dan diberkahi. Jangan lupa ya protokol kesehatan agar kita terhindar dari penyakit," kata Syamsuar.

Selain berinteraksi dengan pemilih, Gubernur juga menyempatkan ngobrol bersama aparat keamanan.

Usai pemantauan, Gubernur mengucapkan rasa syukur atas kelancaran PSU di Inhu tersebut.

''Alhamdullilah kita hari ini bisa melaksanakan PSU sebagai putusan dari Mahkamah Konstitusi. Kami berharap bisa berjalan dengan baik sampai selesai nanti,'' katanya.

Di sela-sela peninjauan PSU Gubernur Riau juga memberikan bantuan logistik secara simbolis untuk masyarakat di Inhu yang terkena musibah banjir. Yaitu bantuan sebanyak 5 ton beras yang akan dibagikan kepada warga Desa Sungai Akar dan Desa Payaguan. 

Rinciannya, masyarakat yang terkena musibah banjir ini berada di daerah Desa Penyaguan sebanyak 187 KK dan Desa Sungai Akar sebanyak 8 KK. 

Pj Bupati Indragiri Hulu, Chairul Riski mengatakan, banjir yang terjadi di dua desa ini jelasnya, akibat luapan air sungai yang disebabkan cuaca hujan yang terus terjadi beberapa hari belakangan ini.

"Dan banjir ini juga sudah sering terjadi dan hampir setiap tahun. Diharapkan bantuan ini juga mampu meringankan beban masyarakat yang sedang terkena musibah,'' tuturnya.

Menurutnya, terkait pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU), di desa Ringin, TPS 03, hari ini berjalan lancar, aman dan tertib. 

Menurutnya, saat pelaksanaan antusias masyarakat pemilih cukup tinggi, meskipun pada pagi harinya diguyur hujan. 

''Secara keseluruhan pelaksanaan PSU di TPS 03, berjalan lancar dan aman. Dari antrian masyarakat cukup baik, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak ada penumpukan masa semua tertib sesuai aturan yang telah ditetibkan,'' sebut Chairul Riski.

Gubri sambung Riski mengapresiasi pelaksanaan PSU yang aman dan lancar. Dengan memberikan pesan kepada masyarakat, agar memilih calon pemimpin sesuai hari nurani.

''Pesan Pak Gubernur, seluruh yang ikut memilih, silahkan memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing, memilih pemimpin yang terbaik buat Inhu,'' ungkap Riski.

Sebagai informasi, PSU di Desa waringin ini terdapat PSU sebanyak 207 ditambah 17 menggunakan KTP, dengan total 324 pemilih. PSU ini hasil putusan Mahkamah Konstitusi yang menyidangkan sengketa Pilkada Inhu. MK memutuskan satu TPS yakni TPS 3 di desa Ringin harus dilakukan PSU.

Turut bersama gubernur yakni Dannrem 031/WB Brigjen MS Ismet, Danlanud Roesmin Noerjadin Pekanbaru Marsma Andi Kustoro, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kajati Riau Jaja Subagja. Ikut hadir Penjabat Bupati Inhu Chairul Riski, Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH dan Komisioner KPU RI Viryan SE MM.***

Baca Juga