Lanjutkan Agenda Silaturahmi, Kapolda M Iqbal Siap Bersinergi dengan LAMR untuk Riau

  • Sabtu, 08 Januari 2022 - 11:15 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH, kembali memantapkan niatnya melanjutkan agenda kunjungan silaturahmi.

Kali ini, dengan didampingi Karo SDM Kombes Pol Joko Setiono, Direktur Intelkam Polda Riau Kombes Pol Aris Prestyo Indaryanto dan Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, memilih menyambangi lembaga besar Melayu ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau, di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro No 39 Pekanbaru, Jumat (7/1/2022).


Kunjungan Irjen Pol M Iqbal ke LAMR Riau juga mendapatkan sambutan hangat oleh Ketua dan pengurus LAMR Riau. Kegiatan ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan Polisi dengan Tokoh Masyarakat dalam membangun situasi Kamtibmas yang kondusif serta mendukung Program Pemerintah.


“Kami datang berkunjung untuk bersilaturahim ke sini (Lembaga Adat Melayu Riau) dan bagi saya pribadi sudah tak asing lagi karena wajah-wajah yang saya temui adalah para sahabat saya, senior saya. 17 tahun yang lalu saya sudah pernah bersilaturahim sebagai saudara,'' ungkap mantan Kadiv Humas Polri yang dikenal ramah ini.

''Alhamdulillah, setelah saya diberikan amanah menjadi Kapolda Riau, sekaligus saya bersilaturahim sebagai orang baru. Saya butuh support dan dukungan doa, sehingga Insya Allah perjalanan pengabdian saya sebagai Kapolda dapat dipermudah dan menjadi berkah bagi masyarakat,” ujar pentolan alumni Akpol 1991 yang sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

Kapolda menyampaikan, Polda Riau dan segenap jajarannya Insya Allah siap bekerjasama dengan Lembaga Adat Melayu Riau untuk menuntaskan semua dinamika-dinamika yang ada dan tentu pihaknya mengedepankan tabayun serta menjalin komunikasi yang baik. Sebab itu merupakan ciri-ciri orang Melayu.


Ketua Umum Dewan Pengurus Harian (DPH) LAMR Provinsi Riau Datuk Syahril Abu Bakar menyebutkan, Lembaga Adat Melayu Riau mendukung penuh kepemimpinan Irjen Pol M Iqbal. Ia berharap Kapolda dapat melanjutkan kepemimpinan yang humanis dalam melaksanakan tugas-tugasnya di Polda Riau.

“Dengan kembalinya Bapak Irjen Pol Muhammad Iqbal ke tanah Melayu Bumi Lancang Kuning ini, tentu kami semua sangat mendukung. Lembaga Adat Melayu Riau dan seluruh elemen masyarakat adat dan seluruh paguyuban beserta seluruh masyarakat Riau, kita mendukung penuh kepemimpinan beliau selama menjabat Kapolda Riau,'' ujar Syahril.

''Insya Allah di tangan beliau nanti Kamtibmas semakin cemerlang, semakin terbilang dan semakin dibilang,” harap Syahril Abu Bakar.

Hal yang paling esensial yang kami harapkan dari bapak Kapolda baru, kata Syahril, adalah dapat melanjutkan kepemimpinan yang humanis. Pejabat sebelumnya sudah menjalankan itu, apalagi beliau bukan orang asing lagi, tentunya pendekatannya lebih humanis kepada kebudayaan. 

''Hari ini beliau sudah berkunjung, baik kepada Ulama, Umaro dan hari ini ke Masyarakat Adat, tentu ini sangat baik,” pungkas Datok Syahril Abu Bakar. ***



Baca Juga