Bayi Gajah Jantan Lahir di TWA Buluh Cina, Gubri Beri Nama Damar

  • Jumat, 03 Juli 2020 - 17:45 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Kabar gembira bagi kelestarian alam di Provinsi Riau. Telah lahir seekor anak gajah dari pasangan gajah binaan Robin dan induk bernama Ngatini di TWA Buluh Cina pada Jum'at, (3/7/2020) subuh, sekitar pukul 05.00 WIB. 

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, mengatakan, setelah kelahiran ini. Ia segera melakukan peninjauan ke lokasi didampingi drh Rini Deswita dan drh Danang.


Tiba di sana, Suharyono dan rombongan tim medis langsung melakukan pengecekan kesehatan dan pemberian vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penambah darah dan nafsu makan.


Suharyono menyebutkan, anak gajah berjenis kelamin jantan lahir dengan berat sekitar 50 kilogram.

Saat ini, kondisinya terlihat sehat dan mulai menyusu pada induknya. Sama halnya dengan induknya Ngatini, berumur 22 tahun juga terlihat sehat dan bersemangat menyantap makanan yang telah disiapkan para Mahout untuknya. 

Atas kelahiran ini, Suharyono menyambut gembira kelahiran satwa dilindungi binaan ini yang telah lama dinantikan. 


Oleh Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bayi Gajah itu langsung diberi nama, Damar. Nama tersebut diambil dari nama jenis pohon (Meranti) yang bisa juga bermakna pelita. 

Dengan berhasilnya kehamilan ini, sebut Suharyono, cukup menunjukkan bahwa Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina sebagai salah satu kawasan konservasi di Provinsi Riau masih cukup kondusif untuk mendukung kehidupan dan kelestarian satwa liar yang dilindungi.

''Semoga kelahiran bayi gajah ini menjadi pertanda bagi keseriusan semua pemangku kepentingan dalam melestarikan gajah Sumatera di bumi Melayu,'' harap dia.

Dengan kelahiran Damar ini diharapkan akan menambah antusiasme wisata alam di era normal baru.***



Baca Juga