Mendaftar ke KPU, Romwel Sitompul Siap Mengabdi di DPD RI

  • Kamis, 29 Desember 2022 - 19:52 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Setelah mengumpulkan dukungan masyarakat Riau yang dibuktikan dengan KTP, Romwel Sitompul SH Rabu (28/12/2022) menyerahkan dukungan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau untuk menjadi bakal calon peserta pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal pemilihan Riau. Penyerahan dukungan ini menunjukkan bahwa Romwel Sitompul siap mengabdikan dirinya sebagai wakil rakyat Riau di lembaga Dewan Perwakilan Daerah RI

Didampingi istri Sri Debora Hutauruk dan anak Samuel Sitompul, Ketua Tim Pemenangan Mangasa Panjaitan serta beberapa tim, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Parkindo Riau itu diterima panitia pendaftaran sebagai bakal calon yang kesepuluh.


Setelah menerima berkas dari Romwel, KPU kemudian melakukan pengecekan jumlah dukungan dan persebaran minimal kabupaten/kota. Untuk diketahui, sebagai syarat menjadi calon anggota DPD, perseorangan harus mendapatkan dukungan dari 2.000 masyarakat dan tersebar di minimal 50 persen kabupaten/kota atau minimal di enam kabupaten/kota.

Rombongan diterima komisioner KPU dari Divisi Teknis Penyelenggara Drs Joni Suhaidi. Setelah dilakukan pemeriksaan syarat, KPU kemudian menyerahkan tanda terima berkas untuk kemudian diproses ke tahap selanjutnya.

“Pak Romwel ini bakal calon kesepuluh yang sudah kami berikan tanda terima pendaftaran. Setelah penerimaan ditutup 29 Desember, selanjutnya kami melakukan proses misalnya verifikasi administrasi dan faktual. Nanti setelah diverifikasi jika persyaratan minimal 2.000 dan persebaran 50 persen itu terpenuhi para bakal calon mendaftarkan diri secara lengkap sebagai bakal calon pada 1-14 Mei 2023,” kata Joni.

Joni menyebutkan, berbeda pada pelaksanaan periode sebelumnya, para bakal calon DPD menyerahkan bukti dukungan tidak lagi secara fisik, tetapi dilakukan secara sistem online. KPU menyediakan aplikasi Silon (sistem informasi pencalonan) sebagai tempat para bakal calon mengunduh dukungan tersebut.

Usai penyerahan dukungan, Romwel menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dari sebelas kabupaten dan kota se-Riau yang telah memberikan dukungan. “Dari syarat minimal 2.000 kami dapat mendaftarkan lebih dari 2.000 dukungan. Ini menunjukkan besarnya dukungan masyarakat ketika saya menyampaikan niat ingin mengabdikan diri memperjuangkan aspirasi masyarakat Riau di pusat,” ujar pria kelahiran Dumai 5 Oktober 1964 ini.

Romwel mengatakan, keinginannya untuk maju ke DPD dilatarbelakangi sebagai putra Riau yang dari lahir hingga saat ini tinggal di Riau memahami apa yang diinginkan masyarakat di Riau. Banyak keinginan itu harus diperjuangkan ke tingkat pusat. Untuk memperjuangkannya diperlukan wakil rakyat yang mampu dan memiliki keberanian berbicara di tingkat pemerintahan pusat.

“Dukungan tidak berhenti sampai di penyerahan KTP saja, setelah nanti resmi menjadi calon saya berharap masyarakat Riau mencoblos saya pada Pemilu 2024. Bersama kita bisa untuk mewujudkan kepentingan masyarakat Riau di tingkat pusat," ujar ayah tiga anak yg sebentar lagi seluruhnya tamat kuliah di perguruan tinggi negeri ini.(***)



Baca Juga