Kawal Aspirasi Masyarakat, Jenewar Mantap Daftar Calon DPD ke KPU

  • Kamis, 29 Desember 2022 - 20:10 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Merasa terpanggil untuk menyuarakan aspirasi masyarakat, Jenewar Efendi Siregar, SSos bertekad terjun ke dunia politik praktis. Ia pun mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau sebagai Bakal Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Kamis (29/12/2022) malam.

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unri ini mantap mencalonkan diri, didukung tim pemenangan, para pendukung dan simpatisannya.


Jenewar yang saat ini menjabat Sekum KAHMI Riau ini mengatakan, dirinya bersama tim telah mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan.


Jenewar mengakui bertekad maju menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah, bermodalkan pengalaman sebagai aktivis yang didapat semasa di kampus. Sehingga bisa dipergunakan untuk seluruh masyarakat Provinsi Riau tanpa terkecuali. 

"Saya menilai masih banyak persoalan sosial yang hingga kini belum mampu diselesaikan oleh pemerintah," sebut Jenewar.

Karena itu, dengan tekad tersebut, jika nanti niatnya tersampaikan, ia akan menjalankan tugasnya menyuarakan, mengusulkan, mengawal dan memastikan seluruh program  bisa dirasakan oleh masyarakat. 


"Saya akan berusaha bagaimana membawa seluruh isu sosial di masyarakat nantinya," imbuhnya.

Menurutnya, sampai saat ini kiprah DPD belum ada yang nyata dan benar-benar menyentuh hingga ke lapisan terbawah masyarakat. 

"Mencermati apa fenomena ini, maka saya berniat, agar kiprah DPD nantinya bisa nyata dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga ke seluruh ceruk kampung tanpa terkecuali. Baik secara konstitusi, mapun secara legitimasi," katanya. 

Tekad maju mengabdikan diri ini, sebut Jenewar, sesuai prinsip hidupnya yang dipegang teguh hingga saat ini.

"Saya mencalonkan diri agar usulan masyarakat terbawah bisa sampai ke pemerintah dan bisa diwujudkan," tegas mantan Direktur Prusda Rokan Hulu Jaya ini.

Karena itu yang mendasari dirinya berkiprah di DPD adalah bagaimana seluruh masyarakat bisa mendapatkan berbagai hak dan kesejahteraan. 

"Sampai saat ini masih banyak persoalan sosial yang tidak mampu diselesaikan oleh pemerintah. Sehingga masih banyak masyarakat Riau yang masih miskin dan tidak mendapatkan hak-haknya. Padahal, Riau sebagai salah satu provinsi yang memiliki SDA (Sumber Daya Alam) melimpah," terangnya.

Jenewar menginformasikan, bahwa salah satu tugas DPD adalah bagaimana mengusulkan dan mengawal pemekaran daerah. 

Lanjut Jenewar, tugas lain dari DPD adalah penguatan Undang-Undang Otonomi Daerah. 

Otonomi ini termasuk di Riau, mulai dari pemekaran provinsi, kabupaten, sampai ke tingkat desa telah diteriakkan dari berbagai daerah. Nantinya hal itu akan menjadi fokus utamanya untuk bisa diusulkan dan diperjuangkan oleh Jenewar.

"Pemekaran daerah dan penguatan UU Otonomi Daerah menjadi salah satu yang terus diteriakkan dari berbagai daerah di Riau. Karena hal itu sebagai upaya untuk memajukan daerah, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.  

Rasyd Ahmad selaku Ketua Tim Sekretariat Jenewar, memaparkan, sebagai dukungan awal pihaknya telah mempersiapkan 2.200 KTP untuk syarat mendaftar. 

Dengan modal suara yang cukup banyak tersebut, Rasyd menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan melalui KTP untuk bisa mengantarkan Jenewar Efendi bisa maju sebagai Bacalon DPD-RI Dapil Riau.

"Terimakasih atas dukungan seluruh masyarakat. Mohon doanya agar kami mendaftarkan bang Jenewar bisa menjadi lancar dan bisa diterima oleh KPU," ungkap Rasyid.

Terkait peluang Jenewar Efendi maju, Rasyid mengaku optimis calon yang diusungnya mampu memperjuangkan seluruh aspirasi masyarakat yang selama ini terabaikan. 

"Mari sama-sama kita dukung bang Jenewar agar seluruh hak masyarakat bisa didapatkan dan hidup lebih sejahtera nantinya," ajak Rasyid.***



Baca Juga