Dua Hari Jelang Cuti Kampanye, Gubri Masih Rahasiakan 4 Nama Pjs Bupati

  • Rabu, 23 September 2020 - 19:47 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Siapa saja pejabat sementara (Pjs), untuk mengisi jabatan yang ditinggal empat Bupati di Riau. Masih menjadi misteri, menjelang dua hari cuti kampanye.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi saat dikonfirmasi mengaku belum menerima nama-nama siapa Pjs untuk empat kabupaten yang bupatinya cuti untuk mengikuti Pilkada serentak Desember mendatang.


''Alun, alun, alun (belum, red). Sabo (sabar, red),'' katanya, Selasa (22/9/2020).


Menjawab pertanyaan nama-nama Pjs yang disetujui Menteri Dalam Negeri, siapa saja yang diusulkan. Syamsuar mengatakan, tidak boleh disampaikan.

''Tidak boleh, karena itu rahasia,'' singkatnya.

Sedangkan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengusulkan 12 nama calon Pjs, untuk mengisi empat posisi jabatan bupati yang ditinggalkan pejabat sebelumnya.


Penunjukan Pjs ini, dikarenakan empat dari 9 daerah melaksanakan Pilkada. Mereka harus cuti untuk mengikuti Pilkada serentak 2020 ini. 

Sesuai aturan, 12 nama yang diusulkan tersebut harus berasal dari pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau.

Sedangkan, menurut Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Sudarman. Sesuai aturan yang berlaku. Maka, setiap daerah yang akan ditunjuk Pjsnya.

Lebih jauh, sebut Sudarman, sebelumnya pihaknya telah mengusulkan tiga nama yang diusulkan ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

''Satu daerah yang akan ditunjuk Pjs nya diusulkan tiga nama. Karena ada empat daerah yang kepala daerahnya cuti, jadi nama-nama calon Pjs yang diusulkan sebanyak 12 orang,'' katanya.

Untuk prosesnya, nantinya dari 12 nama calon Pjs yang diusulkan. Selanjutnya, pihak Kemendagri akan memilih satu nama pejabat. Nantinya pejabat tersebut lah yang akan menjadi Pjs mulai dari 26 September hingga 5 Desember 2020.

''Nama-nama calon Pjs tersebut sudah diinput di sistem, sedangkan untuk usulan secara langsung akan diserahkan dalam waktu dekat,'' jelas Sudarman.

Untuk diketahui, empat daerah yang akan diisi Pjs bupati yakni Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir serta Kabupaten Siak.***



Baca Juga