PDI-P Tunjuk Syafaruddin Poti Jabat Wakil Ketua

  • Senin, 21 Desember 2020 - 20:21 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Siapa orang yang menempati posisi Zukri Misran sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, terjawab, dengan keluarnya keputusan penunjukan Syafaruddin Poti.

Surat itu, keluar setelah disetujui dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.


Pergantian ini dilakukan partai berlambang Kepala Banteng ini, mengingat Zukri Misran selalu Wakil Ketua sebelumnya, memutuskan mengundurkan diri karena maju di Pilkada Pelalawan. Belakangan, nama terakhir terpilih menjadi Bupati Pelalawan.


Penunjukan Syafaruddin Poti, tertuang dalam surat bernomor 2511/IN/DPP/XIII/2020, perihal pengesahan dan penetapan Wakil Ketua DPRD Riau tertanggal 18 Desember 2020. 

Mantan Presiden RI ke lima itu, dalam surat nya menyebutkan, keputusan ini merupakan jawaban dari surat DPD PDIP Riau tertanggal 26 November 2020 tentang permohonan pengisian kursi Wakil Ketua DPRD Riau.

Penunjukan Syafaruddin Poti, juga sebelumnya telah melalui test wawancara kepada seluruh calon yang diusulkan oleh DPD PDIP Riau melalui zoom meeting pada tanggal 4 Desember 2020.


Artinya, inti surat itu ''Mengesahkan dan Menetapkan H Syafaruddin Poti, SH sebagai Wakil Ketua DPRD Riau periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan''.

Surat itu juga ditandatangani Sekjend PDIP Hasto itu, Megawati mengintruksikan kepada seluruh jajaran struktural partai dan seluruh Anggota DPRD Riau fraksi PDIP untuk mengajukan, mengamankan, dan memperjuangkan Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau.

Kemudian, ditegaskan, dalam surat itu, Kepada mereka yang tidak mengindahkan intruksi dan melakukan aktivitas keluar dari kebijakan ini, akan diberikan sanksi organisasi.

Diberitakan sebelumnya, dua partai sudah menunjuk pimpinan di DPRD Riau yang sempat kosong karena pimpinan yang lama maju di Pilkada. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menunjuk Yulisman sebagai Ketua DPRD Riau menggantikan Indra Gunawan Eet.

Sedangkan, Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menunjuk Agung Nugroho sebagai Wakil Ketua DPRD Riau menggantikan Asri Auzar.

Sedangkan, Ketua DPD PDIP Riau, Zukri Misran dalam keterangan persnya membenarkan, kabar ditunjuk nya Syafaruddin Poti selalu Wakil Ketua PDIP di DPRD Riau.

Dia mengatakan, agar seluruh kader PDIP di DPRD Riau agar mengetahui dan melakukan koordinasi dengan Syafaruddin Poti.

''Dengan keluar nya surat ini, maka Syafaruddin Poti. Telah sah menjadi wakil ketua DPRD Riau,'' singkat dia.***



Baca Juga