Tolak KLB Sibolangit

Kunjungi Kanwil Kemenkumham, Demokrat Riau Solid Dukung AHY

  • Kamis, 18 Maret 2021 - 02:41 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Rombongan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Riau, menyambangi kantor Kementrian Hukum dan Ham Riau, Kamis (18/3/2021) pagi. Untuk menyatakan, dukungan kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai Ketua Umum partai berlambang Mersi yang sah.

Dipimpin ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Riau, Asri Auzar. Kedatangan rombongan langsung disambut Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau, Pujo Harinto dan jajaran.


Bertemu di ruang Pokja 1, suasana pertemuan tampak berjalan dengan penuh keakraban, antara Asri Auzar dan Pujo Harinto.


Menyapa Pujo yang baru melakukan serah terima jabatan dengan Ibnu Chuldun. Asri Auzar menyampaikan maksud kedatangan, rombongan ke kantor Kanwil Kemenkumham Riau.

''Kami bersama 12 pengurus DPC, ingin menyampaikan dukungan ke pak AHY, selaku Ketua Umum Demokrat yang sah. Dengan menyerahkan AD/RT kepada bapak Pujo,'' kata Asri Auzar.

''Terimakasih bapak, atas kedatangan rombongan ini. Terkait pemberian AD/RT kepengurusan Partai Demokrat Riau ini, akan saya sampaikan ke pusat,'' kata Pujo.


Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penyerahan AD/RT kepengurusan Partai Demokrat Riau, yang diserahkan langsung Asri Auzar ke Pujo Harinto.

''Ini perintah Demokrat pusat pak. Kami di Riau berharap bisa bersinergi dengan Kanwil Kemenkunham yang bapak pimpin,'' harap Asri Auzar.

Usai kegiatan, kepada wartawan Asri Auzar menyebutkan, kedatangan pihaknya merupakan bentuk solid nya dukungan di Riau, terhadap AHY selaku ketua umum yang sah.

Artinya, jelas Asri Auzar, seluruh DPC yang ada di bawah naungan Partai Demokrat Riau menolak KLB yang sebelumnya digelar di Sibolangit, Sumatera Utara.

Kami, sambung dia, mengharapkan Kemenkunham Riau menyampaikan AD/RT Demokrat Riau ke pusat. Sehingga, menegaskan, bahwa Demokrat di Riau tidak ada yang membelot.

Paska adanya isu dua pengurus DPC ikut KLB di Sibolangit. Pihaknya, tegas Asri, telah melakukan tindakan tegas dengan memberhentikan yang bersangkutan.

''Selain berkoordinasi, tujuan kedatangan rombongan. Pertama untuk bersilaturahmi, dan mengucapkan selamat atas serah terima jabatan. Semoga beliau betah di Provinsi Riau dan selalu dalam lindungan Allah SWT,'' harap dia.

''Kami memberikan beberapa berkas, AD/RT pengurus yang disahkan kementerian hukum dan ham. Dan juga menyerahkann SK, beserta SK keputusan cabang 12 di Riau,'' tambah Asri Auzar.

Ditanya, bagi yang ikut KLB di Sibolangit. Asri Auzar menilai mereka telah melanggar AD/RT Partai Demokrat. 

Tentunya, pelanggaran AD/RT itu, karena sebelumnya semua pengurus telah meneken fakta integritas setia kepada pimpinan yang sah.

''Bagi yang ikut KLB, otomatis mereka keluar partai,'' tegas Asri Auzar.

Menurut nya, di Riau ada dua DPC yang dipecat. Pemecatan, kata dia, dilakukan pada tanggal 3 sebelum kongres.

''Mereka merupakan dua sekretaris, dan enam anggota DPD,'' ungkap Asri Auzar.

Semuanya dikeluarkan dari pengurusan AHY. Asri Auzar menegaskan, yang memecat pengurus pusat, bukan dirinya.

''Siapa yang ikut KLB tidak masalah, itu pilihan mereka. Tapi konsekuensi, tinggalkan Demokrat yang dipimpin mas AHY. Silahkan bergabung kesana, tidak masalah,'' katanya.

Sementara itu, ditanyakan keikutsertaan Firdaus selaku Walikota Pekanbaru. Asri mengaku, belum berkomunikasi dengan nya.

''Saya belum ada komunikasi dengan Firdaus. Jika dia mendukung sebelah silahkan,'' sebut dia.

Menyangkut, adanya organisasi sayap yang ikut KLB. Sampai saat ini, menurutnya hampir 90 persen masih mendukung AHY.

''Kami di Riau, tegak lurus bersama AHY. Apapun yang terjadi, kami terus mendukung AHY,'' tegas Asri Auzar.

Terakhir, Kakanwil Kemenkunham Pujo Harinto berharap, masalah internal partai Demokrat semoga selesai.

''Saya terima surat nya, kami berharap masalah partai bapak ini clear,'' singkat nya.***



Baca Juga