Dana Pemilu Masih Kurang, Cak Imin Ingatkan Menkeu

  • Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:30 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani diingatkan untuk segera mencairkan anggaran pemilu 2024 sesuai yang diperlukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


“Fraksi PKB akan berjuang terus supaya menteri keuangan dan pemerintah memperlancar anggaran KPU,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu, Selasa (9/8).


Menurutnya, demi terselenggaranya pelaksanaan tahapan pemilu secara optimal, anggaran sangat diperlukan. Sehingga hasil pemilu pun berkualitas. Apalagi, Pemilu merupakan momentum untuk melahirkan pemimpin bangsa baik eksekutif maupun legislatif.

“Jadi, dengan anggaran lancar, semua proses pemilu mulai dari pendaftaran, pengesahan, insyaallah lancar-lancar. Semoga semua tidak ada hambatan. Bu Sri Mulyani, jangan lupa,” katanya.

KPU RI mengeluhkan kekurangan anggaran untuk menjalankan tahapan pemilu Serentak 2024 pada tahun 2022


Kebutuhan anggaran Pemilu Serentak pada 2022 sebesar Rp8,06 triliun, dari jumlah tersebut, baru teralokasi sebesar 45,87 persen dari kebutuhan, yakni Rp3,69 triliun sehingga terdapat kekurangan anggaran sebesar Rp 4,36 triliun.

Anggaran pemilu 2022 ini terbagi dalam dua item besar, yakni anggaran tahapan pemilu dan anggaran dukungan tahapan pemilu. Anggaran tahapan pemilu sudah 70,14 persen dari kebutuhan.

Untuk tahapan pemilu, KPU membutuhkan Rp2,24 triliun dan teralokasi Rp1,57 triliun (70,14 persen). Dengan demikian kekurangannya sebesar Rp666 miliar.(***)

 

 



Baca Juga