Shindoka Dibuka di SDN 57 Pekanbaru, Kepsek: Siap Lahirkan Atlet Berprestasi dan Berkarakter

  • Kamis, 31 Maret 2022 - 16:35 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 57 Pekanbaru resmi membuka latihan bela diri Shindoka. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 40 murid dari kelas kelas 1 hingga kelas 6 itu bersedia mengikuti latihan karate perguruan yang bergengsi tersebut.

Pada prosesi pembukaan dojo (tempat) perguruan Shindoka di sekolah yang beralamatkan Jalan Mangga, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru itu langsung dibuka Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 57 Pekanbaru Asmalaili MPd, Rabu (30/3). Tanpak hadir pada kegiatan tersebut, Pengawas Sekolah Fadil, Ketua MSH Riau Dan V Sensei Widya Eka, Ketua MSH Pekanbaru Dan IV Sensei Romy T Abram, Pembina Prestasi (Binpres) Shindoka Pekanbaru Dicky Purda Wanto, Ketua RT setempat, majelis guru dan dua pelatih Sunnia Yumna dan Salsabila.


Kepsek SDN 57 Pekanbaru Asmalaili MPd mengungkapkan, sebelum Dojo Shindoka ini dibuka, pihaknya melaksanakan sosialisasi dengan seluruh wali murid SDN 57 Pekanbaru. ‘’Pada Kamis (24/3) lalu, kami melakukan sosialisasi kepada seluruh wali murid. Hasilnya, sebanyak 40 murid bersedia untuk mengikuti latihan bela diri perguruan Shindoka. Latihan dilaksanakan satu kali seminggu dan setiap hari sabtu,’’ ungkap Asmalaili kepada klikmx.com, kemarin.


Tidak hanya latihan bela diri dengan perguruan karate Shindoka, katanya, sekolah yang ia pimpin belum genap sebulan itu juga melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seperti pencak silat, pramuka dan kesenian. Kemudian, lanjutnya juga menggelar siraman rohani menjelang proses belajar dan mengajar dengan berdoa dan mengaji, serta setiap Jumat juga dilaksanakan yasinan bersama untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan.

‘’Tujuan adanya latihan bela diri adalah untuk membentuk kepribadian yang mampu bisa membela diri dan menjaga diri ancaman pelaku kejahatan. Baik itu untuk membantu orang yang lemah dari ancaman pelaku kejahatan, begitu juga untuk bisa melindungi diri sendiri,’’ ujar mantan Guru Kelas selama 16 tahun di SDN 6 Pekanbaru ini.

Tidak hanya itu, kata Asmailaili, juga akan mempersiapkan atlet berprestasi dan berkarakter yang berbudi luhur. Dengan demikian, kata Asmalaili, akan tercipta ke depannya generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia.


‘’Kita doakan, semoga kelak anak-anak kita ini nanti menjadi pemimpin yang berakhlak mulia. Aamiin,’’ harap Kepsek seraya menyebutkan, akan memberikan reward kepada murid dan guru yang berprestasi dan disiplin.

Sementara itu, Sensei  Romy T Abram mengingatkan, kalau mau berlatih di Shindoka jangan pernah berniat menjadi orang jagoan. ‘’Untuk cepat menjadi orang jagoan atau hanya sekadar gerak jurusan itu mudah. Tapi yang terpenting dari itu semua adalah menjadi atlet yang berprestasi dan berkerakter,’’ ungkap pria yang kerab disapa Romi, yang juga menjabat Direktur klikmx.com ini.

Berkarakter yang dimaksud itu, kata Romi adalah menjadi orang jujur, disiplin, sabar, bertanggung jawab dan menjaga sikap yang santun. Dengan demikian, katanya, anggota perguruan Shindoka akan menjadi contoh yang baik dan diterima semua kalangan.

‘’Itu memang sudah komitmen di Shindoka. Alhamdulillah, atlet-atlet kita telah banyak berprestasi dengan meraih juara satu dan juara peringkat lainnya. Baik di tingkat kabupaten maupun provinsi,’’ ujar Romi seraya menyebutkan even bela diri Shindoka tidak hanya sampai di tingkat Nasional saja, tapi juga di tingkat Asia bahkan Internasional. MXAR

 

 



Baca Juga