Pemahaman Terhadap Pengelolaan Keuangan Itu Penting

  • Selasa, 29 November 2022 - 18:58 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Riau Didit Setiawan SH, menjadi pembicara pada kegiatan Bimbingan Teknis yang dihadiri pejabat keuangan di lingkungan Universitas Riau (Unri), Selasa (29/11/2022).

Kepada peserta Didit menjelaskan, jabatan fungsional perbendaharaan sangat rumit dibandingkan dengan jabatan fungsional lain. "Dikatakan ‘agak rumit’, karena perlu pendalaman-pendalaman dalam melakukan analisa keuangan," terang Didit kepada peserta Bimtek penyusunan Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (Dupak) dan bukti fisik jabatan fungsional Analis Pengelola Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APK-APBN) dan Pranata Keuangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (PK-APBN).


Didit menyatakan, dikatakan ‘agak rumit’, lanjut Didit, karena pengelolaan keuangan APBN ini perlu pendalaman-pendalaman secara detail terkait perikatan dan penyelesaian tagihan.


Selain itu, juga perlu pelaksanaan perintah pembayaran, kebendaharaan, pengelolaan administrasi belanja pegawai, dan penyiapan analisis laporan keuangan instansi.

“Seorang analis menguraikan setiap komponen-komponen laporan keuangan agar bisa mendapatkan informasi secara detail. Informasi-informasi terhadap komponen laporan keuangan secara detail ini penting untuk memenuhi kebutuhan angka kredit bagi Analis Pengelolaan Keuangan,” jelasnya.

Sebagai informasi dua hari pelaksanaan Bimtek ini untuk memberikan pemahaman tentang butir kegiatan APK-APBN dan PK-APBN dan meningkatkan kemampuan pejabat fungsional pranata secara teknis dalam menyusun Dupak sebagai salah satu syarat pengangkatan ke dalam jabatan fungsional pranata.(***)




Baca Juga