Syafira Wakili Unri Pada Pilmapres Tingkat Nasional 2023

  • Rabu, 17 Mei 2023 - 11:26 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Syafira Nihla Namira, mahasiawa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK)), akan mewakili Universitas Riau (Unri) pada kompetisi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) X tingkat Nasional pada tanggal 24-28 Juli 2023 mendatang.

Kesempatan ini didapat Syafira Nihla Namira, terpilih pada seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) di tingkat wilayah LLDIKTI X tanggal 9 - 11 Mei 2023 lalu.


Selain Syafira, dua wakil lainnya dari program sarjana akan turut serta kompetensi ini yakni Universitas Andalas, Universitas Jambi dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. 


Syafira mewakili Unri setelah namanya tertuang dalam surat berita acara dari LLDIKTI X Nomor 0925/LL10/KM.01.00/2023, tanggal 14 Mei 2023, tentang pelaksanaan seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Wilayah LLDIKTI X.

Dr Hermandra SPd MA, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Hermandra SPd MA, menyampaikan, Unri tentunya bangga ada perwakilan Universitas mengikuti kompetisi LLDIKTI X di tingkat nasional. 

"Ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Unri juga memiliki banyak prestasi dan mampu bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional," ungkap Dr Hermandra SPd MA.


Hermandra menceritakan, Syafira, layak mewakili Unri karena sebelumnya telah banyak mengukir prestasi baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Dirincikannya, adapun sejumlah prestasi yang berhasil diraihnya antara lain Juara I National Speech Competition IR Fest, President University, Juara I National Speech PERICARDIUM Competition.

"Selain itu, Syafira juga pernah menjadi delegasi pada kegiatan Honor Delegate Asia World Peace Summit 2022 yang diadakan oleh Korea Youthnow Asia and United Nations," terang Hermandra.

Syafira, menceritakan bagaimana dirinya mampu berprestasi, tentunya membutuhkan proses dan usaha keras, dengan tidak mudah menyerah dan terus mau belajar dan cepat menangkap peluang. 

"Saya ikut Pilmapres tingkat universitas sejak semester dua, dan saat itu memperoleh juara favorit.  Sejak saat itu saya terus meresearch apa saja gagasan-gagasan kreatif yang menjadi point unggulan dalam Pilmapres ini, dan dari sinilah saya melihat karya ilmiah dan gagasan kreatif yang diajukan adalah yang realistis dan bisa diterima oleh masyarakat," tutur Syafira, yang saat ini masih berkuliah di semester empat ini.

Lanjut Syafira, hal yang sering dilakukannya adalah mempertajam gagasan kreatif. Kemudian, tak kalah penting dalam Pilmapres adalah kefasihan bahasa dan public speaking. 

"Karena dalam pilmapres itu yang dinilai tidak hanya dari gagasan kreatif saja tapi juga terkait bagaimana gagasan itu disampaikan," ungkap Syafira.

Atas kesempatan yang ia dapatkan, Syafira, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus yang telah memberikan support sehingga bisa melaju ke Pilmapres tingkat Nasional. 

"Kepada teman-teman mahasiswa lainnya, mari kita menfaatkan peluang yang ada untuk terus belajar dan berprestasi, dengan adanya kegiatan-kegiatan yang sangat di-support oleh pihak kampus seperti ini, semoga ini bisa menjadi pemacu dan pemicu bagi mahasiswa untuk bisa berprestasi," pesan Syafira.

Lanjut Mahasiswi asal Tanjung Pinang Kepulauan Riau ini, dia mengajak mahasiswa lainnya untuk terus mengasah potensi diri. Agar dapat bermanfaat saat nantinya berada di tengah-tengah masyarakat.

"Mari terus asah potensi diri, karena saat ini yang dibutuhkan tidak hanya sekedar nilai-nilai akademik tetapi juga membutuhkan skil dan pengalaman, dan ini semua akan sangat kita butuhkan jika kita sudah terjun ke masyarakat nantinya," pungkas Syafira. ***

Berikut daftar prestasi yang pernah diraih oleh Syafira:

1. Global Youth Action Ambassador | Indonesian honor delegate for Global Goals Summit, Malaysia 2023.

2. Top 6 Intervarsity Parasitology Oratorical Competition, University of Malaya 2022.

3. Indonesia honor delegate for Asia world peace summit,South Korea 2022.

4. Winner National Speech Competition President University 2021.

5. Founder Zonarasa_id and CareClubs Community.

6. 3rd Speech Academic Competition, Padjajaran University 2021.

7. Top 4 National Speech Competition Yayasan Akselerasi 2022.

8. Winner speech pericardium competition, Poltekkes Bandung 2023.

9. Narasumber Hari Keluarga Nasional Public Health  Universitas Airlangga 2021.

10. Narasumber koran Tempo Nasional 2023.

11. Duta Kosmetik Aman BBPOM Pekanbaru 2022.

12. Participant of Covid-19 Contact Tracing, John Hopkins University 2021.

13. Narasumber Hari Kartini Nasional Radio Republik Indonesia (RRI) 2022.

 

 



Baca Juga