Muhammad Ichson Altis Turut Membanggakan Masyarakat Inhu

Empat Tahfidz Alquran Asal Inhu Ikuti Wisuda ke-30 MTKTQN

  • Selasa, 14 Desember 2021 - 14:06 WIB


KLIKMX.COM, KAMPAR - Sebanyak empat orang tahfidz alquran, yang tediri dari dua hafiz dan dua hafizah dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengikuti wisuda ke-30 Mahad Tafaqquh Karantina Tahfidz Quran Nasional (MTKTQN) Cabang Riau. Kegiatan ini berlangsung di Dusun Kapau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Ahad (12/12/2021).

Adapun empat orang tersebut, satu hafiz dan dua hafizah dibiayai oleh Yayasan Indragiri Hulu Bersatu, dan satu hafiz merupakan jemaah dari Mesjid Nurul Huda Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat atas nama Muhammad Ichson Atlis.


Mahad Tafaqquh Nasional Cabang Riau sendiri merupakan Program Karantina Tahfidz Quran 35 hari yang diikuti oleh masyarakat Riau, di mana para peserta menghafal Alquran 30 juz dan menyetor kepada pembimbing. Untuk wisuda kali ini telah memasuki angkatan ke-30 dan telah dibuka kembali pendaftaran untuk angkatan ke -31.


Pembina Karantina Tahfidz Quran Ustadz Dr Musthafa Umar Lc MA, saat ditemui menyampaikan, untuk angkatan ke-30 ini merupakan program pertama yang menggunakan metode per halaman. Dengan target 1 hari satu juz, peserta akan menyetorkan hafalan per halaman, setelah itu baru disetor secara keseluruhan.

Musthafa Umar juga menyampaikan, ke depan akan ada progam Mutqin Alquran untuk memperdalam hafalan, di mana dalam satu bulan peserta akan menyetorkan hafalan 10 juz, dan tiga bulan selesai 30 juz. Kemudian, lanjutnya, peserta akan dibekali bahasa Arab dan Ilmu Kandungan Alquran.

“Ke depan, anak-anak bukan hanya mengetahui hafalan nya, tapi juga memahami Ilmu Kandungan Alquran nya,’’ sebut Musthafa Umar.


Musthafa Umar juga menyebutkan, akan membuat program di mana anak-anak yang tamat setingkat SLTP sudah hafal 30 juz, dan setingkat SLTA akan dikuatkan hafalan nya. Sehingga nanti, katanya, menguasai alquran di dalam dada tidak lagi membuka mushab.

‘’Setingkat perguruan tinggi akan dibuka program untuk mengkaji alquran dan meneliti alquran sesuai dengan kecendrungan minat masing-masing,’’ pungkasnya.***

 



Baca Juga