Diputuskan Lima Kelas, UKW PWI Riau Angkatan XXI Digelar 16-17 Mei di Pekanbaru

  • Selasa, 09 Mei 2023 - 10:26 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXI sebanyak lima kelas. Hal ini diputuskan setelah melalui proses verifikasi PWI Pusat.

Kegiatan UKW yang dijadwalkan pada 16-17 Mei itu akan digelar di Ameera Hotel, Jalan Ahmad Yani, Kota Pekanbaru. Sehari sebelumnya, Senin (15/5/2023), akan digelar Pra UKW di Gedung PWI Riau, Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru.


"Berdasarkan verifikasi dari PWI Pusat, sebanyak 29 orang calon peserta UKW PWI angkatan XXI dinyatakan lolos verifikasi untuk mengikuti ujian di lima kelas nantinya," kata Ketua Pelaksana UKW Angkatan XXI Tahun 2022, Amril Jambak, Selasa (9/5/2022).


Panjangnya proses pelaksanaan UKW Angkatan XXI, dijelaskan Amril, karena adanya permintaan dari PWI Pusat. Pasalnya, Dewan Pers meminta PWI untuk melengkapi persyaratan peserta di 73 UKW. 

Dikatakan, berdasarkan surat Dewan Pers No 122/DP/K/II/2023 tanggal 2 Februari 2023 perihal temuan kekurangan data dan dokumen administratif peserta UKW PWI Pusat, Dewan Pers menemukan Lembaga Uji belum melengkapi data dan dokumen peserta UKW sebanyak 73 (tujuh puluh tiga) angkatan UKW 2022 dan 2023. 

Selain itu Lembaga Uji diminta menyerahkan laporan kegiatan fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan dan Pelatihan Jurnalistik tahun 2022. Hal ini sebagai bahan pertimbangan kerja sama fasilitasi kegiatan Dewan Pers berupa pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan tahun 2023.


Adapun temuan 73 angkatan dengan status revisi/melengkapi kekurangan dokumen sudah disampaikan pada Aplikasi UKW, data 73 angkatan. Oleh karena itu, Ketua PWI provinsi diminta segera melengkapi kekurangan dokumen administratif yang berasal dari daerah masing-masing di 73 angkatan.

"Menindaklanjuti surat dari pengurus PWI Pusat tersebut, pelaksanaan UKW angkatan XXI tahun 2023 yang awalnya akan dilaksanakan pada akhir bulan lalu akhirnya kita tunda. Penundaan ini menurut informasi dari admin PWI Pusat, bisa digelar kembali usai Lebaran Idul Fitri yakni 16-17 Mei mendatang," kata Amril Jambak.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Riau ini juga berterima kasih kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan K3S yang selama ini telah membuktikan komitmennya untuk mendukung pers di Provinsi Riau melalui kegiatan UKW yang telah digelar selama tahun 2022.

"Kami dari PWI Riau mengucapkan terima kasih atas dukungan SKK Migas Sumbagut dan K3S dalam pelaksanaan UKW PWI Riau ini," pungkas Amril yang juga pernah menjabat Sekretaris PWI Riau ini. rls

 

 



Baca Juga