Rektor Unri Sri Indarti Tinjau Pelaksanaan UTBK-SNBT SNPMB 2023

  • Senin, 08 Mei 2023 - 16:14 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE MSi meninjau langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), di beberapa lokasi ujian yang ada di Kampus Unri dan Mitra, Senin (8/5/2023).

Sebanyak 21.830 orang peserta melaksanakan UTBK-SNBT yang dipusatkan di lokasi Unri. Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti SE MSi mengapresiasi kesiapan panitia untuk pelasanaan ujian tersebut. 


"Alhamdulillah proses UTBK-SNBT terlihat berjalan lancar setelah kita mengunjungi beberapa kelas. Ini adalah proses seleksi yang sesuai dengan arahan Kementrian, semua SOP pelaksanaan berjalan dengan baik," terang Rektor Unri Sri Indarti, di Kampus Unri Gobah, Pekanbaru.


Dijelaskan Rektor, pelaksanaan UTBK-SNBT tahun 2023 ini dilaksanakan dalam dua gelombang yang dimulai pada hari ini, untuk gelombang pertama dilaksanakan pada 8-14 Mei 2023.

Sedangkan gelombang kedua dimulai pada tanggal 22-28 Mei 2023 dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi setiap harinya.

Guru Besar Bidang Manajemen SDM ini menjelaskan, nilai yang diperoleh dalam UTBK-SNBT kali ini akan menjadi penentu bagi peserta untuk bisa bersaing dan lulus pada Program Studi maupun Perguruan Tinggi yang dipilihnya.


Wakil Rektor Bidang Akademik Unri Dr Mexsasai Indra SH MH menambahkan, dari sisi kelembagaan pelaksanaan UTBK SNBT tahun 2023 ini dilaksanakan oleh lembaga yang berbeda daripada sebelumnya. Meskipun secara nomen klatur dulu LTMPT, kemudian sekarang Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) menjadi penyelenggara Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

"Tapi dari sisi pelaksanaan teknis sebetulnya tidak banyak berubah atau berbeda," ungkap Mexsasai.

Mexsasai menjabarkan, lokasi pelaksanaan UTBK di Unri ada dua lokasi. Sementara itu, untuk mitra ada di lima lokasi.

Sementara itu dari sisi ruangan terdapat sebanyak 46 ruangan yang digunakan. Dia merincikan 27 ruangan dari internal Unri, sementara 19 ruangan dari mitra. 

"Untuk pelaksanaan ujian ini dibutuhkan 960 unit komputer, sedangkan Unri hanya memiliki 580 unit. Sisanya 380 milik mitra," jelas dia. 

Sebagai informasi, saat ini Kementerian melalui kebijakannya mendorong seluruh proses tahapan seleksi masuk perguruan tinggi bisa dilaksanakan secara transparan dan akuntable. 

"Kami berharap pihak-pihak yang terlibat dalam UTBK-SNBT tahun 2023 ini bekerja secara profesional dan penuh integritas," harap Mexsasai. ***

 

 



Baca Juga