Sebagian Wilayah Pekanbaru Diguyur Hujan Es, Kok Bisa?

  • Sabtu, 25 Maret 2023 - 18:35 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Sebagian wilayah Pekanbaru dihebohkan dengan fenomena hujan es, Sabtu (25/3/2023) sore. Salah satu daerah yang mendapat kondisi tersebut yakni Jalan Cipta Karya, Tuah Karya dimana butiran es sebesar kelereng jatuh bersamaan dengan air hujan.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna menyebutkan fenomena ini disebabkan oleh pemanasan yang cukup tinggi sehingga proses pembentukan awan menjadi masif.


"Ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi. Fenomena yg biasa terjadi biasanya angin puting beliung dan hujan es," katanya.


BMKG Stasiun Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini, waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, siang dan sore hari.

Ditambahkannya, untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 58 - 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat - Utara dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m  (rendah).(***)




Baca Juga