Jalan Gideon Akhirnya Disemenisasi


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Setelah lama menunggu, akhirnya Jalan Gideon RT 03/RW 05, Kelurahan Labuhbaru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, akhirnya dibangun dengan Semenisasi, Rabu (18/11/2020) lalu.
    
Pembangunan Jalan Gideon ini, ternyata membuat warga sekitar terharu, karena sudah lama tidak tersentuh pembangunan. Bahkan saat dilakukan semenisasi, warga sekitar antusias ingin menyaksikan pengerjaannya. Termasuk anak-anak sekitar juga tampak bersemangat. 

''Kami senang, Pak. Nanti, kalau sekolah tidak lewat jalan rusak lagi,'' kata Josep dan Ananta.

Dua bocah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) itu, mengaku gembira, setelah jalan menuju rumah mereka disemenisasi. Keduanya, bahkan ikut menyumbangkan tenaganya meski hanya menyingkirkan sampah di sekitar jalur yang disemenisasi. 

''Kami mau membantu, biar jalan ini cepat selesai,'' ucap keduanya bersemangat.  

Pembangunan Jalan Gideon ini, memang sudah lama dinantikan warga sekitar. Alasannya, jalan sepanjang 260 meter dengan lebar enam meter itu, sangat memprihatinkan, apalagi di saat hujan turun, jalan becek dan banyak batu pecahan. 

Meski sudah beberapa kali diusulkan di Musawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan, namun pembangunannya tidak terealisasi karena selalu dialihkan ke jalan lain. 

Warga sekitar juga sudah sering meminta tolong kepada lurah, camat dan anggota DPRD Pekanbaru, tapi tetap saja tidak ada tanggapan. 

''Karena selalu dialihkan, saya pernah minta tolong kepada Ketua DPRD Pekanbaru, yang dulunya dijabat H Syahril, tapi hasilnya tetap saja nihil,'' kata Kornel Panggabean, warga Jalan Gideon. 

Menurut Kornel, pengusulan agar Jalan Gideon itu dibangun, selalu terbentur karena ada oknum yang mengganjal dan mengalihkannya ke daerah lain. Namun, Kornel tak pantang mundur, bapak lima orang anak itu, terus berjuang, hingga menemui Dapot Sinaga, Ketua Fraksi PDI-Perjuangan. DPRD Kota Pekanbaru.    Begitu minta tolong, Dapot langsung merespon keluhan Kornel Panggabean. 

''Saya bercerita kalau pembangunan jalan itu selalu dialihkan. Kami seakan terasing karena tidak menikmati pembangunan,'' kata Kornel bercerita.
    
Mendengar itu Dapot merasa iba, hingga ia menyerahkan pembangunan itu kepada Robin Eduar anggota Fraksi PDI-Perjuangan daerah 
pemilihan Payung Sekaki. 

''Saya mengapresiasi kinerja Fraksi PDI- Perjuangan termasuk Dapot Sinaga dan Robin Eduar SH MH. Mereka dengan cepat merespon keluhan masyarakat. Semoga ke depan mereka tetap peduli terhadap pembangunan di Kota Pekanbaru. Terimakasih Pak Robin dan Pak Dapot,'' ucap Kornel penuh semangat. 
    
Anggota Fraksi PDI-Perjuangan Robin Eduar yang datang ke lokasi semenisasi Jalan Gideon disambut masyarakat dengan senang hati. 

Robin menjelaskan banyak tantangan dalam pembangunan Jalan Gideon. Namun, itu sudah berlalu dan tak perlu dibahas, karena semenisasi sudah terlaksana. Panjang Jalan Gideon yang disemenisasi hanya 200 x 4 Meter, sisanya tahun depan akan dilaksanakan. 

''Pesan saya, tolong dijaga, karena pembangunan jalan ini, menggunakan uang rakyat, jadi jagalah biar jalan ini awet. Saya sudah perjuangkan dan jangan lagi truk besar lewat, karena jalan ini bukan kapasitas truk,'' pesan Robin. 

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru ini juga mengaku ada orang yang keberatan Jalan ini disemenisasi. 

''Saya terangkan sama yang keberatan itu, bahwa pembangunan jalan ini untuk kepentingan masyarakat luas, tidak ada yang boleh menghalangi, untuk itu mari 
kita jaga bersama agar jalan ini tetap awet,'' tutup Robin.***

MX - Kajari
Jual-Rumah

Baca Juga