Masih Banyak Warga Senapelan Tertunda Divaksin dengan Berbagai Alasan



KLIKMX.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbartu mencatat, hingga Juni 2021, sudah 4.812 masyarakat di Kecamatan Senapelan disuntik vaksin Covid-19. Namun masih ada warga yang tertunda mendapatkan vaksinasi. 
Berdasarkan pendataan yang disampaikan Ketua RT se-Kecamatan Senapelan kepada Pemerintah Kecamatan Senapelan, sebanyak 1.011 masyarakat Senapelan tertunda disuntik vaksin.
 
Tertundanya ribuan masyarakat divaksin dikatakan Camat Senapelan Norvendike, disebabkan berbagai alasan.

"Biasanya karena ada penyakit komorbid atau ada penyakit yang kronis, seperti jantung, ginjal dan sebagainya," terang Norvendike kepada media Selasa (13/7/2021).

Norvendike mengatakan, vaksinasi dilakukan kepada masyarakat yang tertunda apabila kondisi kesehatan yang bersangkutan membaik. "Kalau kondisi yang bersangkutan sudah membaik, sudah bisa (disuntik vaksin)," jelas mantan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru ini.


Sementara itu, sebanyak 112 warga Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru mendapatkan pelayanan vaksin dosis pertama dan kedua melalui bus vaksinasi keliling.  Senin (12/7/2021) satu unit bus vaksinasi keliling melayani warganya untuk divaksin tahap pertama dan kedua.

Lurah Sialang Munggu Fitri Yati menyampaikan, untuk pelayanan vaksin tahap pertama sebanyak 22 orang yang mendaftar, dan berhasil divaksin sebanyak 21 orang, yakni laki-laki 10  orang dan perempuan 11 orang. Kemudian untuk warga lanjut usia (Lansia) usia 60 tahun ke atas tidak ada.

"Yang ditunda vaksinasi sebanyak satu orang, dengan keterangan ditunda diakibatkan tensi tinggi," ujarnya.

Untuk vaksin tahap dua, jelas Fitri, sebanyak 90 orang yang mendaftar, selanjutnya yang berhasil divaksin sebanyak 90 orang, diantaranya laki-laki 37 orang dan perempuan 50 orang. Untuk lansia usia 60 tahun keatas sebanyak tiga orang. ***

Baca Juga