Jaga Habitat Gajah Sumatera

Terowongan Gajah di Jalur Tol Pekanbaru-Dumai, Pertama di Indonesia

  • Minggu, 05 Juli 2020 - 20:56 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), sepanjang 131,48 kilometer (Km), kedepannya akan mampu ditempuh dengan waktu sekitar lebih kurang 1,5 jam perjalanan.

Progresnya, saat ini hampir 99 persen. Tinggal hanya dilakukan beberapa perbaikan di sana-sini.


Jalan ton ini memiliki rute enam seksi. Masing-masing ruasnya, seksi satu Pekanbaru-Minas dengan panjang 9,2 km. Seksi dua, Minas-Petapahan sepanjang 23,6 km, seksi tiga, Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17,45 km.


Kemudian, seksi empat antara Kandis Utara-Duri Selatan sepanjang 28,95 km, seksi Lima antara Duri Selatan-Duri Utara    sepanjang 27,23 km. Kemudian, Duri Utara-Dumai sepanjang  25,05 km.

Panjang keseluruhan tol ini adalah 131,48 km.

Rencananya, setelah rampung. Peresmiannya, akan dilakukan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo. ''Kami berharap pak Jokowi bersedia meresmikan tol ini, dalam waktu dekat ini. Karena, setelah kita tinjau. Progresnya hampir 99 persen,'' kata Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi, saat mengajak Anggota DPR RI Syahrul Aidi, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Irwansyah beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, meninjau Tol Pekanbaru-Dumai, Sabtu (4/7/2020).


Gubri menyebut, kehadiran Pangdam juga karena ingin melihat dan merasakan langsung melintasi tol. Kemudian, mengecek keamanannya.

''Di sisi pembangunan, kami lihat, sudah mencapai 100 persen. Sehingga mimpi dan harapan masyarakat Riau punya jalan Tol sebentar lagi akan terwujud,'' kata Gubri. 

Artinya, peninjauan yang dilakukan berprogres cukup baik. Sehingga penggunaannya, segera bisa dilakukan setelah peresmian.

Keberadaan tol Pekanbaru-Dumai ini, diharapkan berimbas pada majunya ekonomi rakyat daerah di Riau. Dengan semakin singkatnya jarak tempuh yang awalnya mencapai empat hingga lima jam.

''Apalagi disaat wabah Covid-19 ini, di mana ekonomi kita semua merosot,'' ujarnya.

Bergerak dari kantor Gubernur. Rombongan  langsung menuju Seksi satu. Kemudian langsung melakukan pengecekan.

Namun, Pangdam tak bisa ikut meninjau hingga ke tol Dumai. Karena ada tugas lain.

Sebelum pergi menjalankan tugas lain, Pangdam memberikan keterangan, bahwa ia menilai progres pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai berjalan cukup baik.

Perwira Tinggi TNI bintang dua ini, melihat kesiapan tol sudah bagus. Tinggal hanya menyelesaikan masalah lain. Sehingga, saat peresmian semua sudah clear.

''Hasil tinjauan ini akan saya laporkan ke Presiden,'' sebut Pangdam, kemudian berpamitan.

Selain meningkatkan ekonomi masyarakat daerah. Keberadaan tol Pekanbaru-Dumai, sebut Gubri tidak akan mengganggu lalulintas gajah.

Untuk tetap menjaga habitat gajah Sumatera, pembangunan tol ini sebut Gubri membuat terowongan gajah.

''Terowongan gajah ini pertama di Indonesia dan kedua di dunia,'' beber Gubri.

Artinya, sebut Gubri yang juga sempat menyaksikan langsung beberapa ekor gajah liar yang berkeliaran di sekitaran tol Permai. Penampakan gajah ini, juga akan menjadi destinasi wisata.

''Jalan tol kita ini punya rasa kasih sayang terhadap satwa, tadi sempat kita saksikan tadi gajah liar di kawasan tol, saya rasa keberadaan Tol Permai tidak menggangu habitat gajah dan tentunya lingkungan dan habitat faunanya tetap terpelihara,'' ujar Syamsuar.

Syamsuar juga mengatakan Tol Permai yang memberi ruang untuk habitat gajah dan fauna lainnya merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh Pemerintah Provinsi Riau.***



Baca Juga