Kapolresta Pimpin Apel Gelar Peralatan dan Patroli Terpadu Cegah Karhutla

  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:45 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Ratusan personel gabungan berjejer rapi di halaman depan gedung Mapolresta Pekanbaru. Dalam Apel  Gelar Peralatan dan Patroli Terpadu Dalam Rangka Pencegahan Karhutla Tahun 2021, Jumat (5/3/2021) pagi.

Dipimpin langsung Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya.


Turut hadir dalam gelar apel, Dandim 0301 Pekanbaru, Kasatpol PP Kota, Kepala BPBD, Kadis Damkar dan Penyelamatan, Kadaops Mangala Agni dan PJU dan Kapolsek Polresta Pekanbaru. 


"Kita menggelar apel kesiapan peralatan sekaligus melepas secara simbolis patroli terpadu dalam rangka menghadapi bencana karhutla," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, Jumat (5/3/2021).

Dalam amanatnya, Kapolresta mengatakan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo tentang pengendalian Karhutla ada 6 poin penting yang harus dilaksanakan secara terpadu, yakni yang pertama adalah dengan memprioritaskan upaya cegah melalui deteksi dini, monitoring areal hotspot dan pemantauan harian di lapangan.

Kedua, infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai ke bawah. Dengan melibatkan babinsa,  bhabinkamtibmas, kades dalam tangani karhutla, serta mengajak tokoh agama dan masyarakat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.


Ketiga, yakni mencari solusi yang permanen agar korporasi dan masyarakat membuka lahan dengan cara tidak membakar.

Keempat, penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut harus terus dilanjutkan.

Kelima, jangan biarkan api membesar,  harus tanggap dan jangan terlambat, sehingga api menjadi sulit untuk dipadamkan.

"Poin terakhir, keenam yakni dengan melakukan langkah penegakan hukum  yang dilakukan tanpa kompromi, berikan sanksi yang tegas sehingga ada efek jera," kata Nandang. 

Sejumlah sarana dan prasarana (Sarpras) juga tampak berjejer guna dilakukan pengecekan, diantaranya 1 unit mobil Sat Lantas Polresta Pekanbaru, 1 unit mobil Kodim 0301 Pekanbaru, 3 unit mobil Mangala Agni Pekanbaru, 2 unit mobil water cannon Polresta Pekanbaru, 1 unit truk Dalmas Polresta Pekanbaru dan 1 unit mobil Polsek Tampan Polresta Pekanbaru.

Kegiatan diakhiri dengan melepas patroli terpadu pencegahan karhutla secara simbolis yang dilakukan langsung oleh Kapolresta Pekanbaru.***



Baca Juga