OPEN TURNAMEN DOMINO PORDI DIGELAR

Gubri Syamsuar Yakin Kepemimpinan Zulmansyah Bisa Memproleh Medali Emas Pada PON di Medan dan Aceh

  • Jumat, 29 Oktober 2021 - 12:52 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Bersempena Hari Sumpah Pemuda, Persatuan Olahraga Domino Indonesia (Pordi) Riau menggelar open turnamen domino. Turnamen domino yang menggunakan sistem pertandingan Las Vegas ini dibuka oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Kamis (28/10/2021) sore.

Ajang cabang olahraga permainan yang berlangsung di Mabest Kopi Jalan Rambutan, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpopyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau ini juga dihadiri Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar SH MSi, Inisiator yang juga Penasehat Pordi Riau Drs Eddy A Mohd Yatim MSi, Ketua Pordi Riau H Zulmansyah Sekedang SSos dan seluruh pengurus Pordi Riau serta peserta turnamen.


Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan, saat ini banyak bertambah cabang olahraga. Sebagai contoh kemarin ada juga cabang olahraga baru yang diikuti Provinsi Riau di PON XX Papua yakni Sambo. Dan Sambo ini sudah mulai uji pertandingan dan alhamdulillah bisa membanggakan Provinsi Riau. 


"Biasanya yang namanya domino ini, tidak usah mengundang daerah lain, kalau untuk di Pekanbaru saja penuh pun boleh karena saking ramainya," sebut Gubri, seperti dikutip Hariantimes.com, seraya bercerita sewaktu pindah ke Pekanbaru dari Siak saat kalah dulu, di lingkungan rumah tempat tinggal domino inilah sebagai hiburan. Apalagi malam Minggu, sampai jam satu baru berhenti. Tapi sekarang sudah tak bisa lagi.

"Jadi kalau dulu, asyik lah kita main domino. Dan banyak kawan kala itu, sehingga domino ini sebenarnya permainan rakyat. Dan saya yakin, di bawah kepemimpinan Zulmansyah ini, bertambah hebat. Mudah-mudahan pada waktu PON di Medan dan Aceh, semoga domino bisa banyak memperoleh medali emas," yakin Mantan Bupati Siak dua periode ini sembari mensupport mudah-mudahan domino ini menjadi cabang olahraga menjadi andalan Provinsu Riau.

"Kami mengucapkan terima kasih, karena di tengah covid-19 ada hiburan yang dibuat oleh masyarakat. Tapi kami harapkan karena pandemi belum berakhir, kita jangan abai dan lalai," pesan Gubri


Sementara, Ketua Pordi Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan pertanyaan masyarakat soal domino olahraga atau bukan. Domino ternyata olahraga. Karena olahraga itu artinya sport yang diterjemahkan dalam bahasa Prancis adalah Les Sports. Maksudnya ada rekreasi, kompetisi dan gembira. Semuanya ada dalam domino. Makanya domino masuk olahraga. Sama seperti catur dan bridge.

"Jadi begitu Pordi Riau ini dibentuk tanggal 05 Oktober 2021, tanggal 6, 7 dan 8 Oktober 2021 sudah ada daerah yang minta dibentuk juga. Ternyata antusiasme kawan-kawan, masyarakat pecinta domino luar biasa. Jadi kita berharap setelah dilantik nanti, tanggal 30 Oktober 2021 juga akan dibentuk Pengurus Pordi Kabupaten/Kota se Riau," sebut Zulmansyah yang juga menjabat Ketua PWI Riau ini.

Sedangkan yang ikut open turnamen domino ini, sebut Zulmansyah, luar biasa. Karena yang ikut mendaftar ada dari anggota legislatif, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI sampai ke ojek online.

"Kami berharap memang, di Pordi Riau akan terjalin silaturahmi dan heppi-heppi. Jadi organisasi ini diadakan untuk bersilaturahmi, juga sekaligus untuk bergembira. Karena setiap akhir bulan kawan-kawan ini banyak pening-pening kepala, maka kita berencana tiap akhir bulan bikin kompetisi supaya bisa menghibur kawan-kawan,’’ kata pria yang akrab disapa Zum ini.

Apalagi selama ini, lanjutnya, banyak kawan-kawan terkurung di rumah karena covid-19. Nah sekarang karena sudah melandai, sudah PPKM Level II, sudah bisa kumpul-kumpul, makanya bisa ramai antusias. ‘’Yang mendaftar juga dari Pekansikawan. Dari Kampar ramai, dari Pelalawan ada, dari Dumai pun ada dan dari Siak juga ada yang datang mendaftar," beber Zulmansyah sembari menyampaikan, karena open turnamen ini masih perdana, mungkin hadiahnya belum besar.

"Saya sampaikan kepada semua pendaftar, kalau hadiahnya mau yang besar mainnya ke Genting Highland atau ke Las Vegas. Karena domino ini dipertandingkan di Las Vegas. Jadi kawan-kawan ini kalau ada rencana mau ke Amerika, menang-menang lah dulu main domino di Mabest Kopi ini," ujar  Zulmansyah seraya menyebutkan open domino ini berakhir pada Sabtu (30/10/2021) malam Minggu.

Usai membuka open turnamen domino, Gubernur Riau Syamsuar yang berpasangan dengan Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan langsung melakukan pertandingan eksebisi dengan Ketua Pordi Riau H Zulmansyah Sekedang SSos yang berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar.

Dalam laga eksebisi ini, pada game pertama dan game kedua dimenangkan oleh pasangan Gubri dan Danrem. Namun pada game ketiga dan keempat dimenangkan pasangan Zulmansyah Sekedang-Asri Auzar.

Melihat poin sama, yakni 2-2, pasangan Gubri-Danrem merubah pola dan strategi bermain. Alhasil, game kelima dan game keenam dimenangkan pasangan Gubri-Danrem dengan point 6-4.***



Baca Juga