Fans Belgia Mengamuk Usai Kalah Lawan Maroko 0-2

  • Senin, 28 November 2022 - 17:11 WIB


KLIKMX.COM, BRUSSEL-  Kekalahan timnas Belgia saat melawan Maroko Minggu (27/11/2022) malam WIB tidak hanya tinggal di lapangan sepakbola Piala Dunia 2022 Qatar. Kekalahan itu membuat puluhan fans di Brussel, Belgia mengamuk.

Akibatnya polisi terpaksa menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan kerumunan fans tersebut. Polisi mengambil tindakan karena mendapatkan serangan dari para fans. Seperti diketahui, Belgia harus menelan kekalahan 0-2 dari Maroko.


Para fans itu marah sambil memecahkan jendela sejumlah toko, melemparkan kembang api, dan membakar sejumlah kendaraan. Bahkan, sebelum akhir pertandingan, para suporter menyerang polisi.


“Puluhan orang, termasuk beberapa di antaranya mengenakan hoodies, memancing konfrontasi dengan polisi serta membahayakan keselamatan publik,” kata polisi Brussel, seperti dikutip dari laman Jawapos.com.  Seorang juru bicara mengatakan beberapa fans itu menggunakan tongkat untuk memukul dan seorang wartawan terluka di wajahnya setelah terkena kembang api.

Seratusan polisi dikerahkan. Para penduduk pun diperingatkan untuk menghindari daerah-daerah tertentu di pusat kota. Stasiun metro ditutup dan jalan-jalan diblokir untuk membatasi meluasnya kekerasan.

“Saya mengutuk keras insiden tersebut. Polisi telah turun tangan dengan tegas. Oleh karena itu, saya menyarankan agar para fans tidak datang ke pusat kota. Polisi melakukan semua yang mereka bisa demi menjaga ketertiban umum,” kata Wali Kota Brussel, Philippe Close.  “Saya telah memerintahkan polisi untuk menangkap para pembuat onar,” tegas Close.(jp group)




Baca Juga