Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

BJB Raih Penghargaan The Most Resilient Regional Bank 2021

  • Jumat, 24 September 2021 - 19:45 WIB


KLIKMX.COM, BANDUNG --  Bank Jawa Barat (Jabar) Banten (BJB) berhasil meraih penghargaan The Most Resilient Regional Bank 2021. Penghargaan tersebut diberikan oleh salah satu perusahaan swasta, dalam acara road to CNBC Indonesia Awards 2021. Dimana, BJB masuk dalam kategori The Best Regional Bank.

Penghargaan itu diberikan secara virtual, yang diterima oleh Direktur Konsumer dan Ritel BJB, Suartini, pada Kamis ( 23/9/2021). Penghargaan tersebut diberikan dengan tujuan melakukan penilaian dan memberikan apresiasi kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) atas inovasi dan terobosan yang telah diraih.


"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap predikat yang disematkan kepada BJB sebagai The Most Resilient Regional Bank 2021," ucap Suartini, Jumat (24/9/2021).


Suartini menambahkan, penghargaan tersebut merupakan salah satu apresiasi terhadap upaya seluruh insan BJB untuk mengakselerasi peran perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Hal ini tentu akan senantiasa menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi menghadirkan layanan prima guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," tambahnya. 

Untuk diketahui, selama masa pandemi Covid-19, situasi ekonomi daerah maupun nasional mengalami masa sulit. Para BPD di berbagai daerah memiliki peran vital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya masing-masing, hingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.


Dorongan tersebut dilakukan BPD dengan melakukan berbagai inovasi dan penyesuaian bisnis dengan mengadaptasi teknologi hingga pelayanan prima pun bisa tetap terwujud. Inovasi digital ini pulalah yang diterapkan dan diakselerasi BJB selama masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya, BJB berhasil mencatatkan kinerja positif meski dihimpit pandemi Covid-19.

Sepanjang 2020 hingga kuartal II 2021, BJB terus tumbuh positif.  Pada kuartal II 2021, aset BJB tumbuh 20 persen secara tahunan, year on year. Dimana, pertumbuhan tersebut berada di atas rata-rata industri perbankan nasional. Hal tersebut juga diiringi pertumbuhan ekuitas hingga NPL yang senantiasa terjaga rendah.

Selain itu, inovasi digital BJB selama masa pandemi Covid-19 juga berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan bisnis perusahaan. Capaian fee based income BJB dari transaksi digital terus bertumbuh sejak 2019 hingga saat ini.

Pada Juli 2019, fee based income BJB mengalami pertumbuhan sebesar 29,04 persen year on year. Pertumbuhan tersebut terus meningkat sehingga mencapai lebih dari 50 persen pada pertengahan 2021 ini. (rls)



Baca Juga