IMM Pekanbaru dan ACT Riau Galang Bantuan Bencana

  • Selasa, 19 Januari 2021 - 20:03 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Pekanbaru, melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam, yang baru-baru ini terjadi di Indonesia tepatnya di Sulawesi Barat dan Sumatera Barat.

Penggalangan dilaksanakan pada Senin (18/1/2021) usai melaksanakan sholat Ashar di 9 titik lampu merah di Kota Pekanbaru.


Ari bagus selaku ketua bidang (KABID) Sosial Pemberdayaan Masyarakat PC IMM Kota Pekanbaru menjelaskan, beberapa lokasinya yaitu lampu merah Bundaran Zapin, Lampu Merah Simpang 4 SKA, lampu merah Tabek Gadang.


Kemudian, di lampu merah Pasar Pagi Arengka, lampu merah Simpang 3 Bandara, lampu merah Jalan Riau, lampu merah Jalan Durian, simpang 3 lampu merah Jalan Nangka, dan lampu merah Jalan Arifin Ahmad.

Kegiatan ini langsung dikomandoi oleh Ari bagus selaku ketua bidang (KABID) Sosial Pemberdayaan Masyarakat PC IMM Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini, kata dia, didasari karena saat ini indonesia sedang berduka. ''Kami merasa sedih, karena begitu banyak bencana yang melanda indonesia dari banjir, longsor, pesawat jatuh hingga gempa bumi yang terjadi di Sulawesi barat,'' kata Ari. 


Sebagai wujud kepedulian IMM Pekanbaru, ia dan rekan-rekannya mengajak seluruh masyarakat pekanbaru memberikan donasi terbaiknya untuk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana.

''Kegiatan penggalangan dana ini akan di lakuakan selama 7 hari di mulai ahad 17-24 januari 2021 agar kita mampu mengirim bantuan dengan maksimal dari kota pekanbaru,'' beber Ari.

Kegiatan ini, juga bersamaan dengan surat edaran dari Pimpinan Pusat(PP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah(IMM) menginstruksikan seluruh daerah melakukan penggalangan dana. Sehingga, Ketua Umum (KETUM) Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) M Aulia Zia langsung meneruskan ke-12 kota dan kabupaten Pimpinan Cabang(PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang tersebar di provinsi riau.

Menurut M Ali Topan Ketua Umum (KETUM) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) kota pekanbaru, mengatakan, setelah mendapat instruksi tersebut laangsung menyusun konsep Penggalangan dana dengan ide-ide kreatif bersama Ketua bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat (SPM).

''Kami menyediakan transfer, pakaian dan pelelangan barang dari hamba Allah yang memberikan donasi berbentuk barang (Sepeda, kipas, smartphone,tv dll) yang hasilnya akan di salurkan ke korban bencana,'' kata dia.

Setelah nanti terkumpul, hasil penggalangan dana ini akan disalurkan untuk korban bencana alam yang terjadi di Sumatera Barat dan Sulawesi Barat, melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) pekanbaru.

Penggalangan dana ini dilaksanakan oleh Kader kader IMM Se-kota pekanbaru yang terdiri dari sebelas Pimpinan komisariat (PK) Komisariat Fatimah Az-Zahra, Imam syafi'i, Buya Hamka, Zaini Kunin(UIR), Uin Suska, Kh.Hisyam, M.natsir, Ahmad Badawi, Ibnu Sina, Ibnu Taimiyah dan Djasman Alkindi.


ACT Buka Posko


Sementara itu  Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau juga mendirikan Posko Peduli Bencana, yang bertempat di kantor Aksi Cepat Tanggap Riau Jalan HR Soebrantas Panam No.84C, Kelurahan Tobek Godang, Tampan.

Hendi Gunawan, Kepala cabang ACT Riau mengatakan dengan dibukanya posko peduli bencana yang berada di Riau ini dapat memudahkan masyarakat di Riau dalam mendermakan bantuannya untuk masyarakat yang tengah terdampak bencana di Indonesia.

"Mulai dari tanah longsor Sumedang, gempa bumi Majene Sulbar, dan Banjir Bandang Kalimantan Selatan," ujarnya, Senin (18/1/2021).

Ia mengatakan bantuan yang diterima, bisa berupa paket sembako, pakaian layak pakai, dan bisa langsung cash donation yang nantinya bantuan yang diterima akan disalurkan langsung ke tempat bencana melalui cabang ACT di Daerah yang terdampak.

"Posko Peduli Bencana ini juga memfasilitasi masyarakat terkait update informasi terkait bencana yang terjadi sehingga dapat memetakan sekiranya bantuan apa saja yang dibutuhkan dan yang paling menjadi prioritas utama di daerah bencana," tuturnya.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 0852 1000 1191 atau dapat datang langsung ke Kantor Aksi Cepat Tanggap Riau, Ruko Panam Raya Permai, Jl. HR. Soebrantas Panam No.84C, Kelurahan Tobek Godang, Tampan.



Baca Juga