BEI Buka Perdagangan Anggota Bursa Pertama BJB Sekuritas

  • Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:05 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA -- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi melakukan pembukaan perdagangan untuk Anggota Bursa Sponsor PT Mandiri Sekuritas dan Perusahaan Efek Daerah PT Bank Jawa Barat (Jabar) Banten (BJB) Sekuritas Jabar, Jumat (8/10/2021). 

Peresmian itu dilakukan di Main Hall Gedung BEI Jakarta. Yang mana, acara seremonial tersebut dilakukan secara offline dengan undangan terbatas.


Hadir dalam acara pembukaan perdagangan tersebut Direktur Utama (Dirut) PT BEI Inarno Djajadi, Komisaris Utama (Komut) Independen BJB Farid Rahman beserta jajaran, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Dirut BJB Yuddy Renaldi beserta jajaran. 


Tidak hanya itu, turut hadir Dirut BJB Sekuritas Yogi Heditia Permadi, Dirut PT Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana, dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Hoesen.

Diketahui, BEI sebelumnya telah memberikan persetujuan kepada PT Mandiri Sekuritas sebagai Anggota Bursa Sponsor Perusahaan Efek Daerah (PED), untuk PT BJB Sekuritas Jabar pada 27 September 2021 kemarin.

BJB Sekuritas merupakan PED pertama di Indonesia dengan kode broker JB. Kode JB ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bursa Efek Indonesia (BEI) No. S-06087/BEI.ANG/12-2020 tanggal 23 Desember 2020.


Penetapan kode broker dilakukan setelah Mandiri Sekuritas selaku Anggota Bursa Sponsor (AB Sponsor) dari BJB Sekuritas melayangkan surat permohonan kode broker PED yang dimiliki BJB tersebut. Sebelumnya, BJB telah menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai AB Sponsor dari BJB Sekuritas.

Dengan terdaftarnya kode broker JB, aktivitas perdagangan BJB Sekuritas akan lebih mudah terindeks di bursa saham. BJB Sekuritas juga telah menunjuk PT IDX Solusi Teknologi Informasi sebagai mediator remote trading bagi PED.

Setelah aktif beroperasi, BJB Sekuritas akan melayani kegiatan transaksi efek untuk kepentingan sendiri maupun pihak lain, pemasaran efek dan kegiatan lain sesuai dengan persetujuan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

''Keberadaan BJB Sekuritas sebagai perusahaan efek merupakan tonggak baru di industri pasar modal nasional. BJB Sekuritas didirikan untuk menyerap potensi angka pertumbuhan minat berinvestasi saham, khususnya di Jabar yang semakin hari kian memperlihatkan antusiasme tinggi dalam dunia pasar modal,'' ujar Dirut BJB Yuddy Renaldi dalam rilis Selasa (12/10/2021).

Berdasarkan data BEI, Single Identification Number (SID) di Jabar per Agustus 2021 sebanyak 471.439. Angka tersebut tumbuh 69% dari posisi akhir tahun 2020 sebanyak 192.760. Dengan jumlah penduduk hampir mencapai 50 juta jiwa, pasar Jabar masih sangat atraktif untuk BJB Sekuritas. Hal itu dikarenakan potensi penetrasi yang tinggi dan dukungan jaringan BJB yang kuat.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan, hal tersebut merupakan peristiwa bersejarah. Yang mana, bagian dari disrupsi 4.0 dan disrupsi pandemi, dengan lahirnya PED pertama, diharapkan dapat meningkatkan serta mendorong minat investasi masyarakat, khususnya di Jabar yang saat ini sudah hampir menyentuh setengah juta investor. Tidak sampai disitu, hal tersebut masih terus meningkat bila melihat dari potensi-pontensi yang ada di Jawa Barat.

"Nantinya diharapkan investor tidak hanya menjadi aktivitas bagi urban citizens saja, melainkan rural citizens pun turut meramaikan pasar modal," ujar Gubernur Jabar.

"Pada kesempatan ini juga saya mengapresiasi atas kinerja BJB yang dapat memberikan performa terbaiknya walau tengah berada dalam krisis pandemi,” sambungnya.

Sebagai salah satu tahap awal, BJB telah telah menyiapkan strategi untuk bekerja sama dengan universitas dan menjaring investor dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Beriringan dengan itu, BJB juga terus bergerak proaktif melakukan upaya-upaya literasi dan inklusi pasar modal secara berkesinambungan.

Keberadaan BJB Sekuritas sebagai PED pertama di Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta menekan praktik investasi bodong di tataran masyarakat. BJB Sekuritas memastikan akan menjangkau calon investor dalam area seluas mungkin guna mengakomodasi kepentingan seluruh kelompok masyarakat dalam memanfaatkan pasar modal dan menjadi investor. (rls)



Baca Juga