Plt Bupati Kuansing Singgung Limbah Diduga dari PT ASMJ saat Pelantikan Pejabat

  • Selasa, 29 November 2022 - 13:34 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN- Pelaksana Tugas Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby menyinggung persoalan limbah perusahaan di Kuansing. Termasuk dugaan limbah PT ASMJ yang mencemari Sungai Bawang Jake, saat melantik 7 pejabat eselon II di ruang Multimedia Kantor Bupati Kuansing, Senin (28/11/2022) malam.

Suhardiman Amby menyebut saat memberikan arahan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang baru dilantik bersamaan dengan 6 pejabat eselon II lainnya. Dalam arahannya itu, Suhardiman meminta agar pihak DLH Kuansing cepat tanggap dengan permasalahan yang terjadi di semua perusahaan yang ada di Kuansing.


''Di Kuansing ini ada puluhan pabrik kelapa sawit dan perusahaannya. Jadi itu perlu tanggap saudara selaku pemegang kendali DLH Kuansing untuk mengawasi semua perusahaan di Kuansing ini,'' ujarnya.


Sedangkan untuk permasalahan limbah perusahaan, Plt Bupati secara spesifik juga menyebutkan adanya permasalahan dugaan limbah di Sungai Bawang dari PKS PT ASMJ. Untuk itu ia meminta agar Kadis DLH yang baru agar segera melakukan penyelidikan terhadap permaslahan limbah itu. Jika masalah limbah itu benar, Suhardiman minta agar DLH segera melakukan penutupan sementara.

''Masalah limbah perusahaan, itu harus mendapatkan perhatian serius. Baru-baru ini baca berita tentang dugaan limbah PT ASMJ di Sungai Bawang Jake. Saya minta diselidiki itu. Kalau benar itu memang limbah segera beri sanksi seperti pemberhentian sementara operasional perusahaan tersebut,'' pungkas Suhardiman.

Untuk diketahui, Ketujuh pejabat yang dilantik dan diambil sumpah tersebut, adalah Drs Rustam dilantik  sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kuansing. Sebelumnya Rustam duduk sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup merangkap Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH).


Kemudian, Deflides Gusni SP MSi yang sebelumnya merupakan Camat Singingi, dilantik jabatan baru sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuansing. 

Selanjutnya, Aswandi SKM dilantik dalam jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kuansing. Sebelumnya, Aswandi selaku Sekretaris Dinkes Kuansing.

Seterusnya, mantan Kabag Umum Delis Martoni SE MSi diamanahkan dalam jabatan baru sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuansing. Dimana sebelumnya merupakan Sekretaris BPKAD Kuansing.

Mantan Plt Kadis serta Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kuansing, Mardansyah SSos MM mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kuansing.

Shanti Evi Dimeti SH Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Pengendalian (Opsdal) Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Satpol PP PKP) Kuansing, naik jabatan sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kasatpol PP PKP) Kuansing.

Terakhir, Zulkarnain ST MSi yang sebelumnya merupakan Pelaksana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing, dilantik sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing.

Kepada para pemangku jabatan baru tersebut, Suhardiman berharap agar segera melakukan konsolidasi dengan perangkat yang ada. Juga diminta bisa segera menyesuaikan diri di tempat tugas masing-masing demi capaian target untuk kemajuan Kabupaten Kuansing.(***)



Baca Juga