Kapasitas Overload, Virus TBC Hantui Warga Binaan Lapas Teluk Kuantan

  • Rabu, 17 Februari 2021 - 16:56 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN-Kondisi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Teluk Kuantan sangat memprihatinkan. Kapasitas yang sudah jauh overload membuat warga binaannya hidup berdesak-desakan.

Ditambah merebaknya virus Tuberculosis atau TBC diantara warga binaan makin menambah penderitaan hidup didalam lapas. Untuk diketahui sudah ada lima warga binaan yang terjangkit virus TBC, yang membuat kelimanya harus di lokasir.


Kepala Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Yurdani MH didampingi Kepala KPLP Aldino Oktalaperta SH kepada Pekanbaru MX Rabu (17/02/2021) menjelaskan jika itulah tantangan pihaknya dalam mengelola kehidupan Lapas. Kondisi yang serba terbatas harus membuat pihaknya memutar otak untuk menyelamatkan kehidupan warga binaannya.


''Mereka itu manusia. Jadi harus kita perhatikan hajatnya juga. Walau kondisi kita seperti ini,''ujar Aldino.

Menurut Aldino, lima warga lapas yang terinfeksi virus TB langsung dilakukan pengobatan intensif dan dilokasir tempatnya dari warga binaan yang lain. Pihaknya juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga agar virus TBC itu tidak menular ke warga yang lain.

Sedangkan untuk penambahan kapasitas, menurut Aldino pihaknya sudah melakukan permohonan agar pembangunan kamar segera direalisasikan. Ada tiga kamar yang diajukan pihaknya untuk panambahan kapasitas di lapas.


''Sudah kita ajukan. Mudah-mudahan tidak lama lagi dapat direalisasikan,''jelas Aldino.

Masih lanjut Aldino, untuk sekarang, ada 368 warga binaan yang menghuni lapas. Sedangkan kapasitas lapas hanya cukup menampung 56 warga. Jadi tidak heran semua ruangan yang ada di lapas berubah fungsi untuk dijadikan sel, seperti ruang aula dan ruang kantor.

''Overload kita sudah mencapai 600 persen. Jadi memang sangat memperhatinkan. Semoga penambahan kamar cepat teralisasi, Itu harapan kita,''pungkas Aldino.



Baca Juga