Ratusan Hotspot Muncul di Pulau Sumatera, Riau Terbanyak

  • Jumat, 15 Oktober 2021 - 19:46 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Ratusan titik panas atau hotspot muncul di sejumlah provinsi di pulau Sumatera. Menyusul musim kemarau yang melanda di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Pantauan Satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru terpantau sebanyak 116 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera, Jumat (15/10/2021) sore ini.


Prakirawan BMKG Pekanbaru, Sanya mengatakan, ratusan titik hotspot itu terdeteksi di delapan provinsi di pulau Sumatera.


"Ada 116 titik panas terdeteksi sore ini, tersebar di delapan provinsi," kata Sanya.

Masing-masing 1 titik terpantau di Provinsi Aceh, 2 di Bengkulu dan Jambi. Disusul delapan titik di Sumatera Barat, 6 di Sumatera Selatan. Sisanya 15 titik di Sumatera Utara, 4 hotspot di Kepulauan Riau dan 13 di Bangka Belitung.

"Terbanyak terpantau di Provinsi Riau, yakni 65 titik panas," sebutnya.


Tersebar di 11 kabupaten/kota. Terbanyak di Rokan Hilir yakni 19 hotspot.

Sementara di Bengkalis, Kepulauan Meranti dan di Indragiri Hulu terpantau masing-masing 1 hotspot.

Kemudian di Kota Dumai dan Kabupaten Indragiri Hilir masing-masing 2 titik, 7 titik di Kabupaten Kampar, 5 di Kuansing, 4 di Kabupaten Rokan Hulu.

Tiga kabupaten lainnya, 10 titik terdeteksi di Kabupaten Siak, Pelalawan 13 hotspot dan Kabupaten Rokan Hilir 19 hotspot.

Jika dibandingkan dengan titik hotspot pagi harinya, muncul 68 titik hotspot. Tersebar di 7 provinsi, terbanyak ada di Provinsi Bangka Belitung.

Sedangkan kondisi cuaca pada siang hingga malam hari pada umumnya cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat  terjadi di sebagian wilayah Siak, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. 

"Potensi hujan dengan intensitas ringan dapat terjadi pada dinihari di sebagian wilayah Kepulauan Meranti, Bengkalis," pungkas Sanya.***



Baca Juga