Patroli Karhutla, F16 Temukan Titik Api di Perbatasan Siak dan Bengkalis

  • Selasa, 09 Maret 2021 - 20:45 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Kegiatan Harpy Flight dari "Rydder" Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin yang melakukan latihan sekaligus patroli udara di lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Menemukan titik api di daerah Dasan perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis Provinsi Riau, Selasa (9/3/2021).

Keterlibatan Skadron Udara 16 Wing 6, kata Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan. 


''Ini adalah komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas siaga penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau,'' kata Danlanud.


Artinya, untuk keterlibatan Lanud RsN. Pihaknya memberdayakan fungsi pesawat tempur yang ada di Lanud Rsn untuk terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan.

''Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya  bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap dan diharapkan semua elemen  dapat mendukungnya,'' sebut Andi Kustoro.

Maka, dengan melakukan patroli udara ini, diharapkan patroli udara pesawat tempur yang dilakukan, dapat mendeteksi lebih dini pencegahan penyebaran kebakaran hutan dan lahan di Sumatera khususnya wilayah Bumi Lancang Kuning-Riau.


Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan menambahkan, dari hasil pantauan pihaknya selama patroli. Ditemukan adanya Karhutla yang berada di daerah perbatasan Dasan, Kabupaten Siak dan Bengkalis.

Menurutnya, kegiatan patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah sebagai salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021, 

''Hasilnya nanti akan langsung disampaikan oleh crew kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut,'' ujar Andri.***



Baca Juga