Syahrul Aidi: Selain Malas, Pemda Tidak Tahu Prosedur Dapatkan Dana Hibah untuk Perbaikan Jalan

  • Selasa, 29 September 2020 - 19:00 WIB


KLIKMX.COM, KAMPAR-- Anggota DPR RI Syahrul Aidi, akan mengusahakan bantuan pusat untuk memperbaiki jalan lintas di Tapung Raya, Kabupaten Kampar. Hal ini melihat kondisi jalan tersebut sangat rusak parah, padahal lokasinya daerah industri.

"Bantuan yang akan saya usahakan untuk memperbaiki melalui dana pusat tersebut seperti Dana Hibah dari Kementerian PUPR. Di mana nantinya perbaikan tersebut didanai dulu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, kemudian diganti setelah pekerjaan dilaksanakan,"ungkap anggota DPR RI Komisi V ini, Selasa (29/9 /2020).


Syahrul menjelaskan, sebelum hal itu dilaksanakan terlebih dahulu Pemkab Kampar harus mengusulkan ke Kementerian PUPR bantuan dana hibah untuk pekerjaan jalan tersebut. "Setelah hal itu disetujui oleh Kementerian PUPR, barulah pekerjaan bisa dilaksanakan,"jelasnya.


Program hal seperti ini Provinsi Riau jarang mendapatkannya, hal ini disebabkan selama ini anggota DPR RI asal dari Riau jarang ada yang duduk di Komisi V yang membidangi Infrastruktur. "Jadi dengan keterwakilan saya dari Riau, akan mengusahakan perbaikan jalan jalan Kabupaten d Riau," ucap Politis PKS ini.

Selain itu kata Syahrul, penyebab banyak jalan milik pemerintah provinsi dan milik pemerintah  kabupaten yang rusak disebabkan keterbatasan anggaran yang dimiliki. "Tapi sayangnya pemerintah daerah, tidak tahu sumber anggaran dari pusat berupa dana hibah Kementerian PUPR Bisa dikucurkan untuk perbaikan jalan. Asal tahu prosedurnya,"jelasnya.

Karena itu kedepan pemerintah kabupaten dan kota di Riau, yang membutuhkan perbaikan jalan didaerahnya bisa mengusulkan anggaran perbaikan. "Sebab anggaran di pemerintah pusat itu sangat banyak, namun sayangnya banyak daerah tidak tahu. Selain itu ditambah lagi  malas bertanya dan mencari tahu,"pungkasnya. ***
 




Baca Juga