Soal Tunggakan PJU, Kadis Perhubungan Kampar Mengelak Bertanggung Jawab

  • Jumat, 05 Maret 2021 - 13:45 WIB


KLIKMX.COM, KAMPAR -- Terkait Anggaran PJU Kampar Tahun 2020, Sekda Kampar, Yusri berdalih belum dibayarkan anggaran PJU ini akibat adanya pemindahan kewenangan dari Dinas  Perkim ke Dinas Perhubungan Kampar.  “Sehingga dengan begitu banyak proses dan menimbulkan keterlambatan permbayaran,” kata Sekda, Kamis (4/3) kemarin.

mengatakan, APBD 2020 telah terjadi refocusing anggaran. Hal ini disebabkan bencana Covid-19. “Sehingga anggaran yang ada dipergunakan untuk hal yang lebih penting,” katannya.


dalam hal ini, saat ditanyakan kembali ke Sekda Kampar, apakah anggaran yang sudah disahkan di dalam paripurna APBD-P 2020,  bisa dipergunakan ke yang lain. Yusri mengatakan kalau hal ini hanya masalah pemindahan kewenangan saja.


untuk lebih jelasnya untuk masalah ini ke pihak Dinas Perkim, Kabag Tapem dan Dinas Perhubungan Kampar. Jadi silakan minta keterangan sama mereka ini,” katanya.

Berdasarkan penelusuran PekanbaruMX, di SIRUP LKPP terlihat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, sudah menganggarkan anggaran Pemiliharan Lampu Taman, Penerangan Jalan, yang mana  anggaran sebesar Rp 49.062.410.842 miliar dengan rincian Rp37.037.128.692 miliar dar APBD murni 2020 dan mendapat penambahan anggaran lagi di APBD-Perubahan 2020 sebesar Rp12.025.282.150 miliar.

keterangan yang didapat dari sumber Pekanbaru MX, pada bulan September- November 2020, tunggakan PJU mencapai Rp11.969.567.514 dan Desember- Februari Tunggakan PJU Rp12.586.867.871. 



Dishub dan Kabag Tapem Lempar Bola ke Sekda

Kadis Perhubungan Kampar Amin Filda, mengatakan, dia hanyak bertanggungjawab mengenai pembayaran anggaran PJU untuk di Tahun 2021 saja. “Untuk masalah PJU di Tahun 2020 tidak bertanggungjawab terhadap masalah itu,” katanya, Kamis (4/3)

Bagaimana mau bertanggungjawab kata Amin Filda, soalnya anggaran PJU di Tahun 2020 itu berada di Dinas Perkim dan baru awal Januari 2021  ini berpindah ke Dinas Perhubungan. “Jadi tentunya yang saya pertanggungjawabkan adalah anggaran yang sekarang dan  bukan kemarin,” tegasnya.

Lanjut Amin Filda, mengenai anggaran PJU yang ada di Dinas Perhubungan Tahun 2021 ini ada sebesar Rp30 miliar. Hal itu untuk membiayai tagihan PJU yang ada di 2021. “Kalau untuk pembayaran Januari dan Februari sudah kita bayarkan dan sisanya akan dibayarkan lagi,” sebutnya.

Amin Filda juga menyarankan untuk mengenai pertanyaan anggaran PJU Tahun 2020 tersebut ditanyakan langsung ke Sekda Kampar, untuk lebih jelasnya. “Jadi sama beliau saja langsung agar kejelasannya,”saraNnya.

Sedangkan Kabag Tapem Ahmad Faiz,  mengelak berkomentar mengenai anggaran PJU tersebut saat ini. “Saya minta maaf tidak bisa komentar. Jadi lebih baik langsung saja ke Bapak  Sekda Kampar saja,” elaknya.


Panggil Esekutif dan PLN

Ketua Komisi I DPRD Kampar Muhammad Anshar, dengan adanya kejadian ini sangat memalukan bagi Kampar. Untuk itu DPRD akan memanggil kedua belah pihak, supaya keterangan lebih jelas. “Sebab anggaran PJU sudah dianggarkan di Tahun 2020, kok bisa nunggak bayarnya sampai begitu lama,” ungkapnya, Selasa (02/3/2021) kemarin.

Dengan kejadian seperti ini, tentunya timbul pertanyaan ke mana anggaran PJU yang sudah dianggarkan di APBD-P Tahun 2020.  Untuk itu kita bertanya kepada pihak esekutif. “Jadi dipemanggilan besok ini semuanya akan terbuka lebar ke mana anggaran PJU tersebut,” sebutnya.

Ketika ditanyakan mengenai, bagaimana jika anggaran PJU tersebut digunakan ke  yang lain, Anshar mengatakan tentunya itu sudah menyalahi aturan dan melawan hukum. “Tidak bisa anggaran yang sudah dianggarkan dipergunakan untuk peruntukan lain tanpa ada kejelasannya itu melawan hukum. Apalagi sudah disahkan di APBD-P, tapi tidak bayarkan, malah untuk kegiatan lain,” cetusnya.

Lanjut Anshar, sekarang ini muncul beragam pertanyaan publik mengenai anggaran PJU Kampar tersebut, begitu juga apakah uang yang dianggarkan tersebut  itu di Depositokan. “Namun dalam hal ini kita harapkan semua berpikiran positif saja dulu untuk Pemkab Kampar. Sampai menunggu rapat kedepan semuanya akan terungkap mengenai anggaran PJU tersebut,”pungkasnya. ***



Baca Juga