Dukung Tour Muara Takus, BPJN Segerakan Perbaikan Jalan Riau-Sumbar

  • Kamis, 03 November 2022 - 15:04 WIB


KLIKMX.COM, KAMPAR - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Riau, dalam tujuh hari ke depan akan menggesa perbaikan jalan berlubang jalur lintas Provinsi Riau dan Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini untuk keselamatan masyarakat dan menyukseskan agenda even Tour de Muara Takus (TDM) 2022. 

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau Yuliansyah melalui PPK BPJN Syamsurizal menyampaikan, untuk perbaikan jalan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari mulai dari Kecamatan Tambang sampai Kecamatan XIII Koto Kampar. 


"Sekarang ini perbaikan jalan yang kita gesa sedang mengarah ke Kota Bangkinang. Karena perkerjaan jalan sedang berada di Kecamatan Kuok dan Kecamatan Kampar," ungkap Syamsurizal, Rabu (2/ 11/ 2022) kemarin. 


Syamsurizal mengungkapakan, menjelang pelaksanaan even Tour de Muara Takus (TDM) 2022, dengan rute Pekanbaru-Muara Takus XIII Koto Kampar, yang akan diikuti langsung Kapolri Jendral Sigit Listyo Prabowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. BPJN memberikan perhatian khusus agar kenyaman peserta dalam bersepeda. 

"Untuk jalan-jalan berlubang akan kita perbaiki secepatnya. Jadi sudah kita sampaikan ke pihak rekanan agar kita menyukseskan acara untuk memperkenalkan wisata di Kabupaten Kampar, " ungkapnya. 

Dalam menyukseskan acara ini juga nantinya pekerjaan akan difokuskan di tempat tempat yang kerusakannya agak berat. ‘’Intinya perbaikan ini dilakukan untuk keselamatan masyarakat semua, bukan karena adanya even. Sebab perkejaan sudah dilakukan dari berapa bulan lalu, " ucapnya. 


Pihaknya memohon maaf kepada pengguna jalan yang melalui jalur Riau- Sumbar, yang perjalanan sedikit terlambat dengan adanya pekerjaan jalan sedang dilaksanakan. 

"Insya Allah, akhir tahun 2022 perjalanan masyarakat dapat lancar kembali. Karena untuk jalan titik tertentu yang bisa membahayakan pengguna roda dua khususnya sudah diperbaiki," jelasnya. 

Selain itu, BPJN juga selalu berusaha mengakomodir keluhan masyarakat terkait masalah jalan. "Hal itu kita buktikan dengan adanya informasi terkait kerusakan jalan yang dapat membahayakan pengguna jalan. BPJN langsung merespon dengan menurunkan tim untuk memperbaikinya, " ucapnya. 

Bahkan, kata Syamsurizal, pihak BPJN juga telah standby-kan alat berat di perbatasan XIII Koto Kampar, dalam mengantisipasi jika ada longsor.  ‘’Ini dilakukan dalam rangka untuk berjaga jaga, jika ada kejadian. Hal itu sebagai bukti bahwa kita selalu siaga, " pungkasnya. 

Ada Tiga Tempat Pit Stop 

Untuk diketahui juga pelaksanaan even Tour de Muara Takus (TDM) 2022 dengan rute Pekanbaru-Muara Takus XIII Koto Kampar tinggal beberapa hari lagi. Dalam peserta penyambutan Pemkab Kampar akan sediakan Pit Stop nantinya.  

Pit Stop pertama di Rumah Adat Kesultanan Kampa, Kecamatan Kampa, pada pukul 07.30 WIB. Penyambutan dengan menyediakan makanan setengah berat dan makan rebusan seperti rebus pisang, jagung, kacang dan ubi serta dengan minumam air mineral, kopi, dan teh.  

Selain itu, juga disambut dengan pengalungan bunga yang diiringi musik tradisional calempong. Begitu juga para Ninik Mamak dan seluruh pucuk adat di setiap lokasi menggunakan pakaian adat. 

Selanjutnya di Pit Stop kedua yakni Rumah Dinas Bupati Kampar. Di situ sama halnya dengan Pit Atop pertama disambut dengan pengalungan bunga, diarak dikuti gubano dan diiringi musik gambus. Kemudian juga disediakan makanan setengah ringan berupa sate, soto, es tebak, lopek bugi dan palito daun. 

Kemudian di Pit Stop ketiga yakni Dermaga Gulamo, di sini disediakan makanan rebusan dan minumam air kelapa muda.  ***

 

 

 



Baca Juga