KKN Umri Perpisahan Lewat Upacara Kesaktian Pancasila

  • Senin, 03 Oktober 2022 - 08:47 WIB


KLIKMX.COM, KAMPAR - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) di Desa Batu Langkah Kecil, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar bersama warga menggelar acara peringatan hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2022.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Batu Langkah Kecil Khairul Amri, Babinkamtibmas Desa Batu Langkah Kecil Bripka Arya Artama, Babinsa Desa Batu Langkah Kecil Serka Fendi, Babinsa Desa Silam Serda Suparno.


Acara dibuka dengan kata sambutan para tamu undangan. Kemudian diikuti oleh upacara pembakaran api unggun dan pembacaan teks Pancasila yang langsung dipimpin oleh Kepala Desa Batu Langkah Kecil.


"Acara peringatan hari Kesaktian Pancasila ini merupakan momen yang sangat bagus dan berdampak positif untuk membangun jiwa nasionalisme masyarakat, terutama anak muda kita saat ini," ujar Khairul Amri, Kepala Desa Batu Langkah Kecil.

"Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah ini sangat kreatif dalam membuat acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini yang dikolaborasikan dengan acara api unggun dan perpisahan KKN UMRI yang telah mengabdi di Desa Batu Langkah Kecil ini,'' sambungnya. 

Acara berlangsung dengan meriah. Setelah api unggun menyala, kegiatan dilanjutkan dengan acara bakar ayam dan ikan yang dibantu oleh ibu PKK Desa Bantu Langkah Kecil dan makan bersama yang diikuti oleh masyarakat yang hadir. 


"Kami sangat mendukung kegiatan yang diusung oleh Mahasiswa KKN Umri ini. Kami sepenuhnya membantu kegiatan ini, mulai dari persiapan konsumsi yang dibutuhkan dari awal hingga akhir," ucap Elfina Sari, selaku Ketua PKK Desa Batu Langkah Kecil.

Taufik Hidayat, selaku Ketua Kelompok KKN Umri Desa Batu Langkah Kecil mengatakan, mereka sangat berterima kasih kepada pemerintahan dan seluruh lapisan masyarakat Desa Batu Langkah Kecil, karena selama 32 hari ini telah menerima dan banyak membantu kegiatan KKN. 

''Semoga momen peringatan hari Kesaktian Pancasila sekaligus perpisahan kami ini dapat berkesan di hati masyarakat Desa Batu Langkah Kecil,'' katanya. 

KKN UMRI ini merupakan program dari universitas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini KKN Umri Desa Batu Langkah Kecil fokus kepada dunia pendidikan dan diselingi dengan program yang menyangkut lingkungan.

"Program pendidikan yang telah kami terapkan ialah sistem ajar mengajar melalui digital dan animasi yang menggunakan proyektor sebagai sarananya. Sehingga dalam hal ini diharapkan dapat diterapkan dan kemudian menambah minat siswa-siswi dalam kegiatan belajar. Kemudian ditunjang dengan majalah dinding yang diberikan di setiap sekolah dasar yang ada di Desa Batu Langkah Kecil,'' ujarnya. 

Tidak hanya itu, program pojok baca juga diusung KKN Umri ini agar menambah minat membaca anak usia dini di taman kanak-kanak. Sedangkan di bidang lingkungan, mahasiswa KKN Umri ini membuat papan informasi desa dan tempat sampah yang diberikan kepada sekolah dan urusan administrasi desa.(***)



Baca Juga