Dokter Kanada Anjurkan Tetap Pakai Masker Saat Berhubungan Intim

  • Jumat, 11 September 2020 - 18:00 WIB


KLIKMX.COM, OTTAWA -- Jangan berciuman dan pertimbangkan untuk mengenakan masker saat berhubungan seks untuk melindungi diri Anda dari tertular virus corona.

Demikian dikatakan  Chief Public Health Officer Kanada, dr Theresa Tan saat menanggapi makin memuncaknya kasus Covid-19, Rabu lalu.


Dr Theresa Tam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kecil kemungkinan tertular Covid-19 dari sperma atau cairan vagina, tetapi aktivitas seksual dengan pasangan baru memang meningkatkan risiko tertular virus, terutama jika ada kontak dekat seperti berciuman.


Dikatakannya, seperti aktivitas lain selama Covid-19 yang melibatkan kedekatan fisik, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko tertular dan menyebarkan virus.

"Lewati ciuman, hindari kedekatan tatap muka, kenakan masker yang menutupi mulut dan hidung Anda, dan pantau diri Anda dan pasangan untuk gejala sebelum aktivitas seksual apa pun," pungkas Tam.

Risiko aktivitas seksual terendah selama Covid-19 menurutnya melibatkan diri sendiri.


Kesehatan seksual menurut Tan adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengambil tindakan pencegahan orang Kanada dapat menemukan cara untuk menikmati keintiman fisik sambil menjaga kesehatan yang telah dicapai dalam menangani Covid-19.

Kanada telah melaporkan 129.425 kasus Covid-19 dan 9.132 kematian pada 1 September. Kasus harian baru jauh di bawah volume tertinggi, tetapi ada peningkatan baru-baru ini, didorong oleh lebih banyak infeksi di beberapa provinsi di Kanada barat. ***

 

Sumber: Reuters

 



Baca Juga