Inggris Berduka, Ratu Elizabeth Mangkat. Ini Penggantinya...

  • Jumat, 09 September 2022 - 08:53 WIB


KLIKMX.COM, LONDON - Negara Kerajaan Inggris sedang berduka. Sang ratu, Ratu Elizabeth II yang sangat mereka cintai mangkat Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat (Jumat 9 September 2022 pagi waktu Indonesia).

Kabar kepergian ratu yang paling lama memerintah Inggris itu datang hanya beberapa jam setelah istana Buckingham mengumumkan kekhawatiran dokter atas kondisi kesehatannya terakhir.


Ratu disebutkan sedang dalam pemantauan medis di Kastil Balmoral, di kawasan perkebunan keluarga Kerajaan Inggris di Aberdeenshire, Skotlandia. Ratu sedang di sana karena berlibur musim panas.


Laman berita BBC News melaporkan, anggota keluarga kerajaan, termasuk empat anak ratu, dengan cepat berkumpul di sisinya di Balmoral. Dia meninggal sore itu dalam usia 96 tahun. 

Elizabeth merupakan ratu Inggris yang naik tahta pada 1952. Baru pada bulan Juni lalu Elizabeth merayakan Platibum Jubilee, yang menunjukkan angka 70 tahun memerinrah Inggris.

Putra sulungnya, Charles, Pangeran Wales, akan menggantikan ibunya di tahta Inggris sebagai raja. Istri Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, akan duduk sebagai permaisuri. 


Sebagaimana diketahui sebelum kepergian Ratu Elizabeth II, rakyat Inggris terlebih dulu berduka atas kepergian suaminya Pangeran Philip bulan April 2021 lalu di usia 96 tahun.

Kematian mereka menandai akhir dari kisah cinta tujuh dekade yang dimulai sebelum ratu naik takhta. Dengan kematian Ratu Elizabeth II, putra sulungnya Charles menjadi raja dan istrinya Camilla menjadi permaisuri. 

Sang ratu mengajukan permintaan untuk gelar tersebut pada bulan Februari, dengan mengatakan bahwa "adalah harapan tulus saya bahwa, ketika saat itu tiba, Camilla akan dikenal sebagai permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia."(***/bbcnews)



Baca Juga