Beirut Diguncang Bom, 73 Tewas, Ini Reaksi Dunia

  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 10:00 WIB


KLIKMX.COM, BEIRUT --Para pemimpin dunia telah menawarkan dukungan kepada Libanon setelah ledakan besar yang menewaskan sedikitnya 73 orang dan melukai lebih dari 3.700 di ibukota, Beirut pada Selasa pukul 18.07 sore waktu setempat.

Sementara penyebab ledakan itu tidak jelas.

Dilansir dari Aljazeera.com, kepala keamanan internal Libanon, Abbas Ibrahim mengatakan, lokasi ledakan di daerah pelabuhan kota itu adalah tempat menyimpan bahan-bahan yang sangat eksplosif.


Ledakan itu melepaskan gelombang kejut ke seluruh kota, meratakan sebagian besar pelabuhan, merusak bangunan, dan mengirim awan jamur raksasa ke langit.


Beberapa jam setelah ledakan, ambulans terus membawa yang terluka ketika helikopter militer membantu memerangi kebakaran yang mengamuk di pelabuhan. Para pejabat memperkirakan jumlah kematian akan meningkat.

 

Beginilah reaksi dunia:


Perancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan solidaritas dengan Libanon dan mengatakan Prancis mengirim sumber daya ke lokasi ledakan.

"Saya menyatakan solidaritas persaudaraan saya dengan Lebanon setelah ledakan yang menewaskan begitu banyak korban dan kerusakan malam ini di Beirut. Prancis berdiri di samping Libanon. Selalu. Bantuan dan sumber daya Perancis sedang diangkut di tempat [ledakan]," tulis Macron di Twitter.

Jerman

Kementerian luar negeri Jerman mengatakan staf di kedutaan Jerman terluka dalam ledakan itu.

"Yang terluka juga termasuk personil kedutaan," kata kementerian itu. "Kami tidak bisa untuk saat ini mengecualikan warga negara Jerman yang mencari di antara orang mati dan terluka."

Gedung kedutaan Jerman, yang terletak tidak jauh dari pelabuhan, rusak tetapi "keseriusan kerusakan belum dapat ditentukan untuk saat ini," kata kementerian luar negeri.

Kanselir Angela Merkel mengatakan melalui juru bicaranya bahwa dia terkejut dengan acara itu dan berjanji akan membantu Libanon.

Iran

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan Teheran siap membantu dengan cara apa pun dan mendesak Libanon untuk "tetap kuat".

"Pikiran dan doa kami bersama orang-orang hebat dan ulet Libanon," tulis Zarif di Twitter.


Israel

Israel mengatakan telah menawarkan bantuan kemanusiaan ke Libanon melalui saluran asing, karena para tetangga tidak memiliki hubungan diplomatik. "Di bawah arahan Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, Israel mendekati Lebanon melalui pertahanan internasional dan saluran diplomatik untuk menawarkan kepada Libanon bantuan kemanusiaan medis pemerintah, "tulis Gantz di Twitter.

Italia

Italia Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio turun ke media sosial untuk berharap "pemulihan cepat" bagi mereka yang terluka dalam ledakan itu. "Italia dekat dengan teman-teman Lebanon di saat yang tragis ini. Pikiran kami ditujukan kepada keluarga para korban, kepada siapa kami menyatakan belasungkawa mendalam kami, dan kepada orang-orang yang terluka, kepada siapa kami menginginkan pemulihan yang cepat," kata Di Maio.

Malaysia

Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein menyatakan kesedihan negaranya atas ledakan di Beirut, dan menawarkan bantuan "dengan cara apa pun yang kami bisa".

"Malaysia berdiri bersama dalam kesedihan ketika pikiran dan doa kami menemani orang-orang kuat Lebanon," katanya dalam sebuah posting Twitter. "Kami siap mendukung apa pun yang kami bisa."

Sheikh Tamim berharap "pemulihan cepat bagi yang terluka", QNA melaporkan, menambahkan bahwa ia "menyatakan solidaritas Qatar dengan persaudaraan Libanon dan kesediaannya untuk menyediakan semua jenis bantuan".

Arab Saudi

Kementerian luar negeri Arab Saudi mengatakan mengikuti dengan keprihatinan besar konsekuensi dari ledakan pelabuhan Beirut, menurut kantor berita negara.

Pernyataan itu juga menegaskan dukungan penuh dan solidaritas kerajaan dengan rakyat Lebanon.

Turki

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Lebanon, menambahkan bahwa Ankara siap membantu dalam "segala hal".

"Mohon rahmat Allah kepada mereka yang kehilangan nyawanya dalam ledakan itu terjadi di pelabuhan Beirut. Belasungkawa kepada saudara-saudara dan orang-orang yang ramah di Lebanon. Berharap tidak akan ada lagi kerugian. Siap membantu saudara-saudari Lebanon kami di setiap cara, "kata Cavusoglu.

Inggris

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan kesiapannya untuk membantu Lebanon dengan cara apa pun yang memungkinkan.

"Gambar-gambar dan video-video dari Beirut malam ini mengejutkan. Semua pikiran dan doa saya bersama orang-orang yang terperangkap dalam insiden mengerikan ini. Inggris siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kepada warga negara Inggris yang terkena dampak," tulis Johnson. di Twitter.

Amerika Serikat

Presiden Donald Trump mengatakan dia mengirim simpatinya ke Libanon untuk lusinan orang yang tewas dan ribuan lainnya luka-luka dalam ledakan itu, yang dia lemparkan sebagai serangan, dan menawarkan bantuan AS.

"Amerika Serikat siap membantu Libanon," kata Trump pada pertemuan Gedung Putih. "Kami akan berada di sana untuk membantu. Sepertinya serangan yang mengerikan."

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menggambarkan ledakan itu sebagai "tragedi" dan menawarkan bantuan AS ke Libanon.

"Kami sedang memantau dan siap membantu orang-orang Lebanon ketika mereka pulih dari tragedi yang mengerikan ini," tulis Pompeo di Twitter. ***



Baca Juga