Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi Tanam Perdana Bibit Sawit PSR

  • Jumat, 21 Oktober 2022 - 11:48 WIB


KLIKMX.COM, INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE membuka secara resmi acara tumbang chipping dan tanam perdana program Peremajan Sawit Rakyat (PSR), di Desa Pontian Mekar, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kamis (20/10/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Staff Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joni Maryanto  SPi, MSi, Plt Kadis Koperasi Evi Irma Junita SKM  MSi, Camat Lubuk Batu Jaya Armin SAg, Plh Kapolres Kabupaten Inhu, Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos, dan Kades se Kecamatan Lubuk Batu Jaya.


Kesempatan itu, Kepala Desa Pontian Mekar Habib Rifqi SPd menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka peremajaan sawit rakyat yang mana pada saat ini kebun plasma anggota KUD Trani Maju Desa Pontian Mekar telah berumur 32 tahun yakni sejak tahun 1990. Ini, katanya, sudah sepatutnya untuk dilakukan peremajaan dengan dilaksnakannya tumbang chipping dan tanam perdana.


Menanggapi hal itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE mengatakan, sebagaimana diketahui penanaman perdana program peremajaan kelapa sawit rakyat yang dlaksanakan ini merupakan program kerja sama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat utamanya para petani sawit.

‘’Berdasarkan data, ada empat lembaga koperasi unit desa di antaranya KUD Usaha Tani, KUD Trani Maju, KUD Tani Bahagia dan KUD Tani Mekar Abadi dengan keseluruhan jumlah pekebunan sebanyak 1.082 orang dan luas lahan 2.606, 5855 ha, yang hingga akhir tahun 2021 lalu telah mendapatkan dana bantuan melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit (BPDPKS),’’ kata Rezita.

Rezita mengajak kepada semua pihak untuk mendukung program PSR agar dapat dilaksanakan dengan baik, demi peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat tani sawit di Kabupten Inhu.


"Saya juga mengajak kepada semua pihak, baik pemerintah, perusahaan swasta dan masyarakat agar dapat menjalin kemitraan demi percepatan capaian PSR di Kabupaten Inhu, sehingga memberi kesempatan lebih banyak lagi pekebunan sawit di daerah yang mendapatkan manfaatnya,’’ imbuhnya.

Bupati Rezita berharap melalui kegiatan tumbang chipping dan penanaman perdana ini, bisa menjadi motivasi bagi kelompok masyarakat tani lainnya untuk segera bergabung dengan program tersebut. Sehingga, lanjutnya, bisa meningkatkan produktivitas kelapa sawit rakyat di Kabupaten Inhu. rls

 

 



Baca Juga