Bantuan Berdatangan, Kades Sanglar Ucapkan Terimakasih

  • Minggu, 18 April 2021 - 14:26 WIB


KLIKMX.COM, INHIL-- Angin puting beliung yang menerpa Pasar Baru Desa Sanglar, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, pada Kamis (15/4/2021) kemarin, meluluhkan lantakan bangunan di permukiman rumah warga di lokasi itu.

Puluhan rumah yang berada di kawasan Ibu Desa Sanglar itu mengalami kerusakan akibat ganasnya terjangan angin. Sejumlah warga pun menjadi korban akibat peristiwa itu. 


Kepala Desa Sanglar, Alfian T mengatakan, total kepala keluarga (KK) yang terkena musibah ini berjumlah 78 KK. Dari 78 rumah ini, 9 rumah diantaranya mengalami rusak berat. 


"Sementara 69 rumah lainnya mengalami kerusakan menengah ke bawah atau ringan," terangnya, Ahad (18/4). 

Menurutnya, laporan dari RT/RW dari kejadian tersebut terdapat satu korban jiwa, yang merupakan seorang bayi. 

Bupati Inhil Drs HM Wardan MP langsung melakukan peninjauan atas kejadian tersebut pada, Jumat (16/4). Dikatakan Alfian, Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang terkena musibah. 


"Bantuan diberikan langsung untuk warga yang meninggal dan patah kaki serta rumahnya yang mengalami kerusakan berat oleh Bapak Bupati," katanya. 

Sejauh ini sejumlah bantuan telah datang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Inhil, Basarnas, dan PMI.
  
Kemudian bantuan juga datang dari Ormas, Banser dan unsur lapisan masyarakat Desa Sanglar. 

Hingga saat ini sudah ada 62 KK yang mendapat bantuan. Sementara 16 KK lainnya masih menanti bantuan. 

Alfian menyebut, dalam beberapa hari ke depan pihaknya akan berupaya secepatnya memberikan bantuan bagi warga yang belum mendapatkan bantuan sering masuknya bantuan dan donatur dari luar. 

Bantuan yang diberikan hendaknya dapat meringankan beban warga yang terkena musibah. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Inhil Drs HM Wardan MP, Ketua Komisi I DPRD Inhil Rajali SAg MSi, semua pihak dan masyarakat, yang telah membantu meringankan beban para korban.

"Atas nama Pemerintah Desa Sanglar saya mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga. Semoga ini menjadi amal ibadah bagi semuanya dan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah Swt. Apalagi ini di bulan suci Ramadan. Aamiin,'' pungkas pria yang akrab disapa Incak Iyan ini.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Kapolres beserta jajarandan Kodim atas partisipasi dan bantuan atas partisipasi dan bantuan lainnya seperti sembako,obat-obatan dan kerjabakti dari jajaran kepolisian dalam mengevaluasi puing-puing di titik lokasi bencana puting beliung. ***



Baca Juga